Hubble Space Telescope Rekam Bintang Meledak, Begini Penampakannya

- Sabtu, 6 Juli 2019 | 14:53 WIB
Twitter/@HubbleNASA
Twitter/@HubbleNASA

Para peneliti NASA menyebut bahwa pihaknya telah menemukan sistem bintang jatuh yang meledak dalam cahaya merah, putih, dan biru. Penampakan bintang itu bahkan disebut lima juta kali lebih terang daripada matahari.

Pada 1 Juli 2019 kemarin, Hubble Space Telescope berhasil merekam foto ultraviolet yang memperlihatkan bintang kembar meledak dari sistem bintang raksasa yang bernama Eta Carinae.

"Because of Eta Carinae's violent history, astronomers have kept watch over its activities. Although Hubble has monitored the volatile superstar for 25 years, it still is uncovering new revelations: https://go.nasa.gov/322Oj0B," tulis NASA," tulis NASA.

Eta Carine diketahui terdiri dari sepasang bintang yang memiliki bobot 50 kali massa matahari. Sementara itu, yang lainnya berukuran 205 kali lebih besar dan mereka sudah menggelembung selama 170 tahun.

Eta Carinae sendiri berada di sekitar 7.500 tahun cahaya dari Bumi. Letusan gas dan debu yang dihasilkan oleh Eta Carine dimulai sekitar tahun 1837. Saat itu, sejumlah astronom sudah memperhatikan bahwa dalam semalam, Eta Carinae telah tumbuh secara signifikan lebih terang.

Peristiwa ini disebut dengan Great Eruption (Letusan Hebat). Bahkan, Eta Carinae disebut menjadi salah satu objek yang paling terang di langit. Suatu hari nanti, jutaan tahun mendatang, Eta Carinae kembali meledak.

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X