Ternyata Wirausahawan Muda Paling Banyak di Daerah Timur

- Jumat, 20 Desember 2019 | 11:04 WIB
Head of ICT Impowerment Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Sonny Sudaryana. (Indozone/Wilfridus Kolo)
Head of ICT Impowerment Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Sonny Sudaryana. (Indozone/Wilfridus Kolo)

Para entrepreneurship muda dikalangan milenial ternyata tidak didominasi oleh anak-anak muda di kota-kota besar Jawa dan Bali. Tapi justru datang dari daerah-daerah di Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi.

Bedasarkan data BPS 2019, generasi milenial sebagai wirausahawan menurut provinsi paling banyak dari Papua, Negeri Cenrdrawasi ini menempati urutan pertama dengan angka 38.9 persen, diikuti NTT 35,8 persen dan Maluku di 34,82 persen.

Sementara Wirausahawan di empat provinsi terendah ada di DKI Jakarta 14,79 persen, Banten 16,36 Kepri 17,42 persen dan Bali 19,63 persen. Hal ini terjadi karena ketersediaan akses pekerjaan antar provinsi jauh berbeda.

Head of ICT Impowerment Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Sonny Sudaryana mengatakan, banyak entrepreunership muda itu datang dari daerah timur karena keterbatasan peluang kerja, sehingga terpaksa harus survive dengan usaha-usaha kecil mereka.

"Semangat entrepreunership terbesar itu ada di Papua. Kalau kamu di Jakarta, kamu mau kerja available ada semua. Mau jadi OB sampai mau jadi direktur, pekerjaanya ada. Kalau di Papua dan daerah timur lainnya, kan gak ada. Akhirnya teman-teman di Papua itu harus survive. Mereka create usaha sendiri jadi entrepreuner," kata Sonny saat berbincang dengan Indozone, di BSD, Tangerang, Kamis (19/12).

Untuk itu, pasca terkoneksinya semua provinsi dengan jaringan internet, pihak pemerintah melalui Kementerian Kominfo akan memfasilitasi teman-teman di daerah Papua dan daerah timur lainnya untuk belajar banyak via internet untuk memajukan usaha mereka.

"Program pemerintah selanjutnya adalah bagaimana pemanfaatan internet itu, dimaksimalkan untuk pembangunan ekonomi masyarakat. Program itu, kebanyakan akan lebih fokus pada daerah timur untuk pemberdayaan masyarakatnya," ujar Sonny.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X