The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Anies Mulai Pembangunan Rumah DP 0 Rupiah di Cilangkap
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memulai pembangunan rumah DP 0 rupiah di Cilangkap (dok. Pemprov DKI Jakarta).
News

Anies Mulai Pembangunan Rumah DP 0 Rupiah di Cilangkap

Kamis, 12 Desember 2019 14:14 WIB 12 Desember 2019, 14:14 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memulai pembangunan rumah down payment (DP) 0 rupiah Menara Samawa (Solusi Rumah Warga) Cilangkap, Kamis (12/12).

Dimulainya pembangunan itu ditandai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama oleh Anies, di Nuansa Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur.

Anies mengatakan proyek pembangunan hunian DP 0 rupiah itu bekerja sama dengan empat BUMD Provinsi DKI Jakarta, yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo dan Perumda Pasar Jaya sebagai pengembang, serta PT Bank DKI sebagai bank pelaksana. 

"Kali ini kita ingin kirimkan pesan program rumah DP 0 rupiah yang dibangun merupakan fasilitas perumahan yang sehat, lingkungannya mutlak bisa menumbuhkan generasi yang sehat, yang kemudian juga mencerdaskan. Adanya fasilitas bermain, fasilitas belajar, fasilitas berinteraksi," kata Anies.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoori C. Pinontoan, menjelaskan luas lahan keseluruhan Nuansa Cilangkap mencapai 2,9 hektare, dengan lahan bangunan satu tower (menara) seluas sekitar 0,65 hektare.

"Nuansa Cilangkap hunian DP nol rupiah direncanakan akan dibangun dalam empat tower, di mana saat ini satu tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai dan dua tipe hunian, yaitu tipe studio dan dua kamar, diperuntukkan bagi program DP nol rupiah dengan nama Menara Samawa Cilangkap," terang Yoori.

Pembangunan Nuansa Cilangkap sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dengan dilengkapi fasilitas penunjang, antara lain ruang bersama, balai warga, musala, klinik, warung, toko, taman bermain, taman warga, sekolah, parkir kendaraan bermotor, serta Transjakarta.

"Pembangunan hunian Nuansa Cilangkap ini tidak hanya memberikan pengaruh dari segi visualisasi pembangunan. Namun, juga dapat berpengaruh positif terhadap kawasan dari berbagai aspek, seperti perekonomian, pendidikan, kesehatan, sosial, lingkungan, dan keselamatan hunian," ujar Yoori.

Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah merupakan program strategis Pemprov DKI yang sesuai Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Sebuah program yang berusaha mewujudkan keadilan sosial, sehingga tak hanya kaum berpunya yang memiliki rumah. 

Masyarakat  berpenghasilan rendah pun bisa mendapatkan tempat tinggal layak huni, nyaman dan terjangkau. Melalui fasilitas pembiayaan uang muka dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, masyarakat yang berhak bisa mendapatkan hunian dengan langsung mencicil biaya bulanan. 

Sebelumnya, pada tahap pertama Samawa Rumah DP 0 Rupiah telah dibangun di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Hunian itu ada di atas lahan seluas 5.686 meter.


Artikel Menarik Lainnya


TAG
Alwan
Ivanrida
Nani Suherni
Alwan

Alwan

Editor
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Nani Suherni

Nani Suherni

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US