Cegah Pneumonia, Bandara dan Pelabuhan Aktifkan Detektor Thermal

- Jumat, 17 Januari 2020 | 16:32 WIB
Ilustrasi aktivitas penerbangan di bandara. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Ilustrasi aktivitas penerbangan di bandara. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Marak soal penyakit pneumonia tersebar di Kota Wuhan, Tiongkok, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto ambil sikap siaga. Salah satunya dengan mengaktifkan detektor thermal, hingga mempersiapkan satuan kesehatan di bandara internasional dan pelabuhan, guna mencegah masuknya penumpang terwabah ke negara Indonesia.

"Saya sudah menyiagakan seluruh satuan kesehatan yang ada di bandara internasional maupun pelabuhan masuk semua memeriksa, melakukan pengaktifan detektor thermal pada semua penumpang, khususnya yang berasal dari negara tersebut (Tiongkok)," ucapnya di Gedung DPR Jakarta, Jum'at (17/1/2020).

Dia mengimbau masyarakat untuk waspada yang tinggi mengenai wabah pemyakit tersebut. Apalagi setelah wabah itu sudah positif masuk Thailand dan Jepang.

"Memang kita sekarang baru menghadapi. Perlu kewaspadaan yang tinggi pneumonia di Wuhan, di mana sudah masuk Bangkok dan Jepang dengan kasus positif. Sementara di Singapura belum jelas statusnya," tegasnya.

-
Pelabuhan juga persiapkan detektor thermal (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Diterangkan olehnya, Menkes juga sudah lakukan serangkaian pencegahan dan penanganan, bekerjasama dengan WHO untuk mengantisipasi menyebarnya wabah pneumonia.

"Karena ini hal yang sangat riskan kalau masuk ke Indonesia. Kalau terlanjur masuk, kita akan lakukan tindakan isolasi dan sebagainya. Kita sudah siapkan. Jadi tindakan itu sudah dilakukan," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X