Hasil Survei Capres, Anies Baswedan Ungguli Kepala Daerah Lain

- Minggu, 23 Februari 2020 | 18:18 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Instagram/@aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Instagram/@aniesbaswedan)

Indo Barometer melakukan survei terkait kepala daerah yang potensial menjadi capres pada Pilpres 2024. Hasilnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan unggul dibandingkan kepala daerah yang lain.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menjabarkan bahwa Anies unggul dengan angka 31,7%.

"Untuk 'Liga Kepala Daerah' dukungan publik terhadap capres, yaitu Anies unggul (31,7%), Ganjar Pranowo (11,8%), dan Tri Rismaharini (9,9%)," kata Qodari dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Lalu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendapatkan dukungan 8,2%, Khofifah Indar Parawansa (5,6%), dan Nurdin Abdullah (0,8%).

Gubernur Anies Baswedan juga memiliki tingkat pengenalan tertinggi dibandingkan kepala-kepala daerah yang lain, yaitu sebesar 91,7%.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

"Anies Baswedan sangat dikenal," ujarnya.

Di urutan selanjutnya kepala daerah paling dikenal publik adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 65,8%, disusul Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di posisi ketiga dengan 55,8%.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

"Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 49,4%, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 47,8%, dan Gubernur Sulawesi Selatan  Nurdin Abdullah sebesar 10,7%. Kurang dikenal karena di bawah 50%," lanjutnya.

Anies paling dikenal publik karena posisi DKI Jakarta sebagai ibu kota dan pusat media massa. Alhasil, liputan terhadap gubernur DKI Jakarta sangat tinggi.

"Dari sana antara lain timbul istilah gubernur DKI Jakarta adalah gubernur rasa presiden," ujarnya.

Survei ini sendiri diadakan 9-15 Januari 2020 dengan melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi. Responden adalah WNI yang sudah memiliki hak pilih, dan berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah saat survei dilakukan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo) on

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X