Presiden Jokowi: Virus Corona Bisa Menular Lewat Gagang Pintu

- Jumat, 6 Maret 2020 | 19:54 WIB
Presiden Joko Widodo. (photo/ANTARA/Hafidz Mubarak A)
Presiden Joko Widodo. (photo/ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia melalui sebuah video pernyataan resmi yang ia bagikan di akun Twitternya, Jumat (6/3/2020). Dalam video itu Jokowi menerangkan kepada masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan agar dapat terhindar dari virus corona.

Selain itu, Jokowi menjelaskan dalam video itu salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penularan adalah dengan mencuci tangan secara berkala.

"Virus corona berasal dari hewan yang melompat ke manusia, lalu terjadi penularan virus antarmanusia melalui percikan ludah dan ingus. Saat seseorang batuk atau bersin, bisa juga melalui perantara seperti gagang pintu atau pegangan tangga," ujar Presiden Jokowi.

Di video itu Jokowi memberi tahu masyarakat bahwa Indonesia telah menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai untuk menghadapi virus tersebut.

"Semua bandara dan pelabuhan telah dilengkapi dengan thermal scanner. Di dalam negeri pemerintah, Indonesia telah menyiapkan lebih dari 132 RS dengan fasilitas sesuai standar internasional," tutur Jokowi.

"Yakinlah dengan fakta dan informasi dari sumber resmi, mari menggalang solidaritas bersama dan gotong royong menghadapinya," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X