Pemprov DKI Tambah 5 RS Rujukan untuk Pasien Virus Corona

- Senin, 9 Maret 2020 | 12:52 WIB
Petugas memindahkan mobil ambulans di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso. Rumah sakit itu merupakan salah satu tempat rujukan pasien virus corona (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Petugas memindahkan mobil ambulans di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso. Rumah sakit itu merupakan salah satu tempat rujukan pasien virus corona (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah lima rumah sakit rujukan untuk memantau penyebaran dan penularan virus corona (Covid-19) di Ibu Kota. 

Lima rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Rumah Sakit Umum (RSU) Bhayangkara, Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu.

Artinya, saat ini ada delapan rumah sakit di DKI untuk penanganan penyakit yang disebabkan oleh virus corona jenis baru tersebut.

"Sebagai bagian dari Dinas Kesehatan kami menyiapkan delapan rumah sakit yang akan menjadi rujukan kasus corona," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, di Jakarta, Senin (9/3/2020).

Dari delapan rumah sakit, sudah ada beberapa yang melayani dan merawat sejumlah pasien yang disinyalir mengidap virus corona. 

"Sudah berjalan RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, RSU Bhayangkara, RSAL Mintohardjo, kemudian dari RSUD kita menyiapkan RSUD Cengkareng, dan RSUD Pasar Minggu," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan satu posko yang masuk dalam Tim Tanggap Covid-19 untuk menerima informasi atau laporan dari masyarakat terkait virus corona. Sejauh ini, jumlah penelpon sudah mencapai ribuan orang.

"Sampai dengan saat ini jumlah penelpon yang telah mengontak posko sejumlah 3.580 orang," sebut dia.

Kasus Covid-19 bertambah dua orang di Indonesia. Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, menyatakan total pengidap virus corona menjadi enam orang per Minggu (8/3/2020). 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X