Relawan Jokowi Jadi Komisaris BUMN, Pengamat: Masih Banyak Lagi, Sedang Tunggu Giliran

- Selasa, 3 November 2020 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok. Kemensetneg), logo baru Kementerian BUMN. (Instagram/@kementerianbumn).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok. Kemensetneg), logo baru Kementerian BUMN. (Instagram/@kementerianbumn).

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin memprediksi bahwa masih banyak lagi relawan Joko Widodo (Jokowi) ketika Pilpres 2019 silam yang akan mendapatkan jabatan, khususnya kursi komisaris di BUMN.

“Masih akan banyak lagi yang minta diangkat,” ucap Ujang kepada Indozone, Selasa (3/11/2020).

Lebih lanjut, Ujang pun memperkirakan kalau saat ini, relawan Jokowi dari berbagai macam bidang sedang menunggu giliran untuk ditunjuk, dan masuk ke dalam jajaran direksi atau komisaris yang dipimpin oleh Erick Thohir tersebut.

“Karena mereka sedang antri untuk minta diangkat jadi komisaris atau direksi di BUMN. Nama-namanya sudah ada di Menteri BUMN,” terangnya.

Menurutnya, permintaan dari relawan Jokowi, salah satunya adalah Projo yang meminta jatah lebih banyak lagi di jajaran BUMN merupakan hal yang wajar. Pasalnya hal itu merupakan bentuk timbal balik dari dukungan yang diberikan saat Pilpres kemarin.

“Relawan Jokowi ingin lebih banyak lagi dapat kompensasi politik di BUMN. Dukung di Pilpres, komisaris kemudian. Itu fenomena umum yang terjadi pada setiap pasca Pilpres,” ungkap Ujang.

Sekadar diketahui, terdapat sejumlah nama yang berasal dari relawan Jokowi belakangan ini yang mendapatkan kursi komisaris BUMN, diantaranya ada Rizal Malarangeng, Irma Suryani Chaniago, Eka Sastra, Basuki Djahaya Purnama (Ahok) dan lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X