Wamendag Sebut Industri Kreatif Digital Bisa Jadi Bahan Ekspor

- Senin, 14 September 2020 | 14:52 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. (Dok. Humas Kemendag)
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. (Dok. Humas Kemendag)

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, Kementerian Perdagangan akan mendorong pengembangan ekspor produk kreatif dan digital Indonesia. Produk kreatif dianggap akan menjadi salah satu produk masa depan dalam dunia digital.

Jerry mencontohkan, pengembangan Technopark Cimahi yang bisa dikembangkan lebih jauh untuk dapat menghasilkan produk kreatif yang berpotensi menjadi bahan ekspor alternatif seperti produk digital, industri kreatif, dan produk berteknologi tinggi.

“Technopark Cimahi sudah memiliki potensi penyewa (tenant) binaan yang sudah sangat berkembang dan diharapkan akan memberikan dampak besar terhadap ekspor produk digital Indonesia. Kita bisa lebih jauh mengembangkan industri kreatif untuk diekspor,"  kata Jerry di Jakarta beberapa waktu lalu.

Jerry menjelaskan, Technopark Cimahi merupakan sebuah kawasan yang digunakan pemangku kepentingan mengembangkan inovasi, kolaborasi, dan inkubasi produk-produk kreatif dan teknologi seperti aplikasi, produk animasi dan film, serta kerajinan.

-
Wamendag Jerry Sambuaga mengunjungi Technopark Cimahi. (Dok. Humas Kemendag)

Technopark ini dikembangkan sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo yang ingin memiliki pusat-pusat teknologi di banyak daerah yang berpotensi melakukan pengembangan produk berdaya saing dan bernilai tambah tinggi.

Program ini juga sejalan dengan visi Pemerintah Kota (pemkot) Cimahi untuk selalu mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) di tengah keterbatasan sumber daya alam. Dengan pengembangan sisi teknologi informasi banyak hal kreatif bisa menjadi produk yang bisa dipasarkan lebih jauh.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X