Niat Banget, Modus Peredaran Narkoba di Masa Pandemi Dibalut Bantuan Logistik

- Kamis, 22 Oktober 2020 | 13:52 WIB
Ilustrasi narkotika. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)
Ilustrasi narkotika. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut ada perubahan pola peredaran narkotika di Indonesia selama masa pandemi virus corona berlangsung. BNN mengungkap modus peredaran narkotika saat ini dengan cara dikemas atau dikirim dengan modus pengiriman bantuan sembako.

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari. Hal itu pula didapat dari pemantauan BNN.

"Dengan situasi peredaran narkoba di masa pandemi sekarang pada waktu lalu kita tahu bahwa sindikat internasional dan lokal yang beredar di Indonesia memanfaatkan situasi pandemi untuk melakukan transaksi narkoba, kata Irjen Arman di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (22/10/2020).

Modus yang saat ini kerap dilakukan pengedar narkotika yakni dengan cara mengirim narkoba dengan modus mengirim bantuan sembako. Bahkan ada narkotika yang dibungkus bersamaan dengan sembako.

"Menggunakan transportasi yang seolah-olah untuk membantu masyarakat dengan menggunakan angkutan logistik sembako terutama hasil pertanian dan ternyata narkoba dicampur bersama jagung, kelapa, pisang dan beras," ungkap Arman.

Lebih jauh Arman mengatakan pihaknya tetap mengantisipasi peredaran narkotika di seluruh wilayah Indonesia. Pihak BNN disebut Arman juga tetap mengantisipasi peredaran narkotika-narkotika dengan modus yang baru.

"Nah untuk ke depan kita antispasi sepanjang upaya penyelundupan dan narkoba yang berasal dari hulu masih tetap berjalan kita juga tetap waspada walau ada modus operandi baru yang perlu kita antispasi yaitu pengiriman-pengiriman narkotika walau kuantitas kecil tapi sering dengan gunakan jasa pos dan ekspedisi," pungkas Arman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X