Polemik Geprek Bensu Buat Ruben Onsu Alami Tekanan Psikis

- Selasa, 23 Juni 2020 | 11:57 WIB
Ruben Onsu. (instagram/@ruben_onsu)
Ruben Onsu. (instagram/@ruben_onsu)

Kisruh gugatan nama dagang Geprek Bensu, membuat Ruben Onsu jadi stres dan pusing, karena mengalami sejumlah kerugian.

Seperti yang diketahui, gugatan Ruben Onsu atas nama merek dagang Geprek Bensu, dengan PT Ayam Geprek Benny Sudjono ditolak seluruhnya oleh Mahkamah Agung (MA).

Berdasarkan putusan tersebut, MA meminta Dirjen HAKI Kementerian Hukum dan HAM RI, membatalkan enam sertifikat merek Geprek Bensu milik Ruben Onsu.

-
Ruben Onsu. (instagram/@ruben_onsu)

Kuasa hukum Ruben Onsu, Minola Sebayang mengungkapkan bahwa ruben bukan hanya mengalami kerugian secara materi tapi juga immateriil.

Ruben Onsu dinilai melakukan plagiat kepada nama merek Geprek Bensu, yang digunakannya saat ini. Hal tersebut terungkap dalam kanal YouTube Beepdo pada Jumat (19/6/2020).

"Kerugian pasti ada, salah satu kerugian immateriil, karena pada awalnya ketika berita itu naik ke permukaan dan informasi yang kami juga belum dapat, mereka dapat," ungkap Minola.

"Masyarakat langsung menganggap bahwa Ruben adalah orang yang plagiat, orang yang mencuri nama, bisnis itu," lanjutnya.

Menurutnya, kisruh nama dagang ini membuat Ruben mengalami tekanan psikis. Ruben bahkan sampai tak berani bertemu dengan awak media, karena pemberitaan yang beredar.

"Ini kan membuat ada kerugian immateriil, ada tekanan psikis. Ruben nggak berani kemana-mana, nggak berani ketemu teman-teman media. Karena dia merasa terpojokkan," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, banyak mitra dari bisnis Ruben Onsu yang merasa terganggu dengan polemik tersebut. Untungnya, pihak kuasa hukum bisa memberikan penjelasan kepada mitra bisnis tersebut.

-
Ruben Onsu dan Jordi Onsu. (instagram/@ruben_onsu)

"Belum lagi misalnya ada mitra-mitra yang terganggu dengan pemberitaan itu kemudian ingin membahas ulang tentang hal-hal yang sudah dikerjasamakan," sambung Minola.

"Tapi setelah kita menggunakan hak jawab kita, kita mengklarifikasi semuanya bahwa kita bukan omong doang tapi karena ada fakta hukum," sambungnya.

Oleh sebab itulah kata Minola, Ruben Onsu masih boleh membuka gerai dengan nama Geprek Bensu.

"Makanya kita berani menggunakan nama Geprek Bensu dan juga masih ada tersisa dua sertifikat di kelas 43. Sehingga restauran kami tetap bisa menggunakan nama Geprek Bensu tentu itu sedikit meredam," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X