Kendati Melemah, Harga Minyak Bisa Bertahan karena Hal Ini

- Selasa, 16 Juni 2020 | 10:25 WIB
Ilustrasi peleburan minyak. (Freepik).
Ilustrasi peleburan minyak. (Freepik).

Harga minyak bergerak melemah, Selasa pagi (16/6/2020), di tengah kekhawatiran bahwa peningkatan infeksi virus corona di seluruh dunia yang berpotensi mengganggu permintaan bahan bakar. Meski demikian, harapan untuk perpanjangan waktu pemotongan produksi berhasil menahan penurunan harga yang lebih dalam terhadap komoditas minyak tersebut. 

Minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, turun 14 sen, atau 0,4 persen, menjadi USD39,58 per barel pada pukul 07.27 WIB, setelah melonjak 2,6 persen pada penutupan Senin, demikian dikutip dari laporan Reuters, di Tokyo, Selasa (16/6/2020).

Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate, menyusut 24 sen, atau 0,7 persen menjadi USD36,88 per barel, setelah ditutup 2,4 persen lebih tinggi pada sesi sebelumnya.

Kasus virus corona meningkat menjadi lebih dari 8 juta di seluruh dunia, Senin, dengan infeksi melonjak di Amerika Latin, sementara Amerika Serikat dan Tiongkok sedang menghadapi wabah baru.

Harga minyak melesat, Senin, setelah Menteri Energi Uni Emirat Arab menyatakan keyakinan bahwa produsen OPEC + yang belum sepenuhnya mematuhi pemotongan yang disepakati akan meningkatkan kepatuhan mereka. 

Dia juga mengatakan ada tanda-tanda bahwa permintaan minyak meningkat karena banyak negara mengurangi penguncian di beberapa bagian dunia.

Organisasi Negara Eksportir Minyak ( OPEC ) dan sekutunya, termasuk Rusia, kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, bulan ini sepakat untuk memperpanjang pengurangan produksi 9,7 juta barel per hari hingga Juli.

Mereka juga meminta anggota yang belum mematuhi untuk memenuhi komitmen mereka dengan pemotongan tambahan.

Produsen  shale-oil  Amerika juga mengurangi aktivitas pengeboran di tengah jatuhnya permintaan minyak. Produksi dari tujuh formasi  shale-oil  utama AS kemungkinan akan turun mendekati level terendah dua tahun 7,63 juta barel per hari pada Juli, menurut Badan Informasi Energi Amerika, Senin.

Pengebor Amerika memangkas produksi dan jumlah rig minyak di bawah 200 unit minggu lalu, level terendah sejak Juni 2009, menurut perusahaan jasa energi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X