CEK FAKTA: Film Captain America Memprediksi Kemunculan Virus Corona

- Selasa, 16 Juni 2020 | 15:48 WIB
Cek fakta film Captain America memprediksi kemunculan virus corona (foto: Istimewa)
Cek fakta film Captain America memprediksi kemunculan virus corona (foto: Istimewa)

Film Captain America disebut-sebut sudah memprediksi akan kemunculan pandemi virus corona. Seperti gambar yang diunggah oleh akun Facebook costumarvel. 

Gambar yang dipostingnya, adalah papan iklan di atas bahu kiri Captain America, Steve Rogers yang diklaim merupakan bentuk atau ilustrasi virus Corona. Dalam unggahannya, akun costumarvel juga melengkapinya dengan narasi serta hastag sebagai berikut:

"Di film kapten amerika, capten steve bangun pada masa modern dan kamu bisa lihat virus corona Repost @marvel2k19__ • • • • • • Follow me for more #anthonymackie #sebastianstan #wyattrussell #zemo #disneyplus #thefalconandthewintersoldier #thanosdidnothingwrong #blackpanther2 #avengers #endgame #infinitywar #chrisevans #chrishemsworth #captainamerica #thor #falconandthewintersoldier #hawkeye #infintywar #marvelindonesia #marvelindo #konspirasi"

Di gambar yang diunggah akun costumarvel terdapat tiga bagian. Masing-masing juga diberi tulisan berbahasa Inggris sebagai berikut: "IN CAPTAIN AMERICA, STEVE ROGERS AWAKENS IN MODERN TIMES, AND YOU CAN SEE A CORONA AND A VIRUS", "DID YOU KNOW?" dan "DON'T LIE TO ME ROGERS, DID YOU KNOW?"

Unggahan yang dibuat pada 12 Juni 2020 ini langsung ditelusuri Adi Syafitrah, salah satu Relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). Berdasarkan hasil penelusurannya, klaim bahwa di film "Captain America: The First Avenger" pada tahun 2011 sudah memprediksi virus corona adalah klaim yang salah.

-
Cek fakta film Captain America memperediksi kemunculan virus corona (foto: Istimewa)

"Bukan ilustrasi virus Corona atau Covid-19, tapi itu spageti. Papan iklan di atas bahu kiri Captain America, Steve Rogers merupakan iklan untuk pasta Barilla," tulis Adi dalam ulasan periksa faktanya, Selasa (16/6/2020).

Iklan pasta Barilla dimaksud adalah pembuat iklan mengilustrasikan spaghetti menjadi pecahan bunga atau kembang api. Iklan ini sebagai ucapan selamat tahun baru yang diposting di sebuah situs pada 21 Desember 2010. 

-
Cek fakta film Captain America memperediksi kemunculan virus corona (foto: Istimewa)

Kemudian, dilansir dari media daring India, [India(dot)com], seorang kritikus film bernama William Mullally dari The Cutaway, menuliskan sejumlah tweet untuk menghilangkan prasangka dan mengklarifikasi bahwa itu bukan simbol virus di papan iklan film Marvel Studios.

Dikutip dari tweet yang ditulis William Mullally di akun Twitternya pada 11 Juni 2020, isi papan iklan di atas bahu kiri Captain America bukanlah simbol virus Corona tapi adalah spageti Barilla.

Berdasarkan artikel periksa fakta oleh [snopes(dot)com] yang berjudul "Did ‘Captain America’ Movie Predict the Coronavirus Pandemic?", dijelaskan pula bahwa gambar di papan iklan itu adalah desain papan iklan umum, yang menunjukkan pasta Barilla dalam bentuk kembang api.

-
Cek fakta film Captain America memperediksi kemunculan virus corona (Istimewa)

Adegan penutup "Captain America" ??difilmkan di lokasi di Times Square, yang berarti banyak dari iklan di latar belakang benar-benar ditampilkan di New York di dunia nyata sekitar waktu film itu difilmkan. Gambar Shutterstock 2011 ini, misalnya, menunjukkan banyak papan iklan yang sama. Termasuk bir Corona Light dan iklan pasta Barilla yang diklaim sebagai tanda "coronavirus" di Times Square.

Berdasarkan video berjudul "Steve Rogers Wakes Up 70 Years Later "I Had A Date" Captain America: The First Avenger (2011)", papan iklan itu bisa dilihat di menit ke 02:10. 

"Dengan demikian, klaim yang disebutkan oleh akun costumarvel tentunya tidak sesuai dengan fakta dan mengarah kepada Misleading Content atau konten yang menyesatkan. Konten tersebut bisa mengarah kepada tafsir yang salah dan bisa mengecoh atau menggiring opini para pembaca," tegas Adi.(/Osc)

Artikel Menarik Lainnya:  

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X