Presiden Jokowi Sebut Lima Sektor Pelatihan Kartu Prakerja ini Paling Diminati

- Kamis, 18 Maret 2021 | 01:02 WIB
Ilustrasi. Warga penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja. (photo/ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Ilustrasi. Warga penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja. (photo/ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Presiden RI Joko Widodo mengatakan terdapat lima besar sektor pelatihan yang paling diminati masyarakat dalam Program Kartu Prakerja.

"Tadi saya tanya kepada Ibu Denni, Direktur Eksekutif (Kartu Prakerja). Apa sih yang paling diminati, ada lima besar," kata Presiden dalam arahannya kepada Penerima Kartu Prakerja Tahun 2020-2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/3) dikutip dari ANTARA.

Presiden menyampaikan pelatihan pertama yang paling diminati yaitu pemasaran daring karena banyak dibutuhkan dan banyak peminatnya.

"Banyak sekali peminatnya dan memang pasar menghendaki itu. Kantor-kantor, perbankan, industri, semua menghendaki itu. Yang ingin jadi wirausahawan menghendaki itu, karena zamannya zaman digital," ujar dia.

Yang kedua, kata dia, sektor makanan dan minuman yang ke depan juga banyak menjanjikan, baik untuk wirausaha maupun bekerja.

"Ke depan ini yang paling menjanjikan urusan pangan, kedua urusan energi. Urusan food and beverages (makanan dan minuman), urusan makanan dan minuman itu juga banyak peminatnya," jelasnya.

Ketiga yang berkaitan dengan ilmu dan teknologi atau yang lebih khusus yaitu program web, keempat urusan perkantoran atau pelatihan yang berkaitan dengan urusan perkantoran.

Presiden menyampaikan bahwa pasar, baik itu industri maupun perkantoran, memerlukan pelatihan tersebut.

Kelima, kata dia, berkaitan dengan kewirausahaan. Saat ini banyak anak muda ingin masuk dunia usaha.

Kepala Negara mengatakan pelatihan-pelatihan seperti yang ada dalam Kartu Prakerja dibutuhkan bagi mereka yang ingin menjadi wirausahawan.

"Saya mulai usaha dulu dari nol, juga ikut pelatihan. Dulu seminggu. Tapi kalau sekarang zamannya sudah digital bisa belajar 'online' (daring) akan lebih mempercepat," kata Presiden.

Ia berpesan bahwa ada atau tidaknya Program Kartu Prakerja, masyarakat harus senantiasa meningkatkan keterampilannya.

Presiden optimistis dengan meningkatkan keterampilan maka peluang-peluang baru tanpa disadari akan terbuka.

Presiden juga berpesan agar masyarakat senantiasa mengikuti perkembangan zaman di era digital, di mana perubahan cepat terjadi.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X