BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Pulau Jawa

- Jumat, 26 Maret 2021 | 09:08 WIB
Ilustrasi petir. (Istimewa)
Ilustrasi petir. (Istimewa)

Beberapa daerah di sebagian besar wilayah Pulau Jawa berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun mengeluarkan peringatan dini bagi warga di wilayah tersebut.

Sebagian besar Pulau Jawa yang memiliki potensi itu termasuk Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Menurut prakiraan dari situs BMKG, sirkulasi siklonik di Selat Karimata dan Samudera Pasifik di utara Papua membentuk daerah pertemuan kecepatan angin atau konvergensi.

Kondisi itu memanjang dari Kalimantan Utara sampai Kalimantan Barat, dari Semenanjung Malaya hingga Sumatera Barat, dari Laut Sulawesi hingga Sulawesi Tengah serta utara Papua hingga perairan utara Halmahera, melansir Antara, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga: Dilarang Ngamen, Satpol PP DKI Jaring 62 Ondel-Ondel

Adanya konvergensi itu mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Prakiraan BMKG wilayah berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk hari ini adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Selain itu kondisi yang sama juga diprakirakan terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG juga memperingatkan beberapa daerah dapat mengalami dampak dari hujan lebat dari hari ini sampai Sabtu (27/3) pagi besok dengan kategori waspada diberikan kepada Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Utara.

Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan juga masuk dalam kategori waspada untuk risiko banjir akibat hujan lebat.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X