Sepekan Pelayanan SIM di DKI Dibuka, Polisi Pastikan Antrean Sudah Tak Menumpuk

- Selasa, 9 Juni 2020 | 13:02 WIB
Pelayanan SIM. (Polda Metro)
Pelayanan SIM. (Polda Metro)

Sudah satu Minggu pasca Korlantas Polri membuka kembali layanan perpanjangan SIM di seluruh Indonesia salah satunya di DKI Jakarta. Pada hari ini, polisi memastikan antrean pengunjung yang hendak mengurus SIM di Jakarta sudah tak lagi menumpuk seperti awal-awal pelayanan itu dibuka.

"Kondisinya hari ini (pengunjung) lebih sedikit dibandingkan seminggu kemarin," kata Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin saat dihubungi Indozone, Selasa (9/6/2020).

Lalu mengatakan seluruh wilayah pelayanan SIM di wilayah hukum Polda Metro Jaya terpantau tidak terlalu ramai pengunjung jika dibandingkan awal-awal pelayanan itu dibuka. Antrean itu pun juga terbilang tertib.

"Secara umum diseluruh lokasi pelayanan SIM diwilayah hukum Polda Metro Jaya seperti itu, pengunjungnya lebih sedikit dibandingkan minggu kemarin," ungkap Lalu.

Proses pelayanan SIM sendiri dikatalan Lalu tetap mengedepankan protokol kesehatan. Physical distancing hingga pembatasan jumlah pemohon SIM juga diberlakukan disetiap pelayanan SIM yang ada.

Selain itu, mengenai SIM keliling, pihak Polda Metro Jaya sedang mempersiapkan lokasi-lokasi yang nantinya akan diadakan SIM keliling. Sejauh ini layanan SIM keliling baru ada di TMII, Jakarta Timur dan Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Untuk pelayanan mobil SIM keliling rencananya akan diperluas. Titik-titiknya dimana ini sedang dipersiapkan," kata Lalu.

Seperti diketahui, Polri kembali membuka layanan perpanjangan SIM pada 2 Juni 2020 lalu. Polisi juga memberikan dispensasi bagi pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada periode 17 Maret hingga 29 Juni 2020.

Dispensasi yang diberikan yaitu pemilik SIM dapat memperpanjang SIM setelah tanggal 29 Juni dengan prosedur perpanjangan SIM biasa tanpa harus membuat SIM baru. Lepas dari tanggal 29 Juni, bagi pemilik SIM yang belum memperpanjang masa aktif SIM nya maka akan diwajibkan membuat SIM baru.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X