Pemerintah Dituding Lindungi KLB Demokrat, Mahfud MD Angkat Bicara

- Senin, 8 Maret 2021 | 10:43 WIB
Mahfud MD. (Youtube Screenshot).
Mahfud MD. (Youtube Screenshot).

Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD buka suara terkait tudingan bahwa pemerintah melindungi Kongres Luar Biasa (KLB) yang mengatasnamakan Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Mahfud menegaskan kalau pemerintah tak bisa membubarkan KLB tersebut, kendati demikian, bukan berarti melindungi kegiatan yang menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat itu.

"Enggak ada urusannya, pemerintah tak melindungi KLB di Medan, tetapi memang tidak boleh membubarkan," ucap Mahfud dalam tayangan video yang dikutip Indozone, Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Kakak Felicia Tissue Berang Adiknya Disakiti Kaesang: Aku Jijik dengan Tingkah Lakunya

Ia pun mengulangi lagi contoh serupa yang terjadi ketika era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri, yakni adanya KLB mengatasnamakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Seperti halnya dulu, saya ulangi, pak SBY tidak membubarkan KLB PKB, ada dua dan berkali-kali bu Meda juga enggak membubarkan KLB Matori Abdul Jalil," terangnya.

Kendati demikian, baik Megawati maupun SBY disebutkan Mahfud bahwa keduanya pada saat itu tidak memihak terhadap KLB yang terjadi. Pasalnya, hal tersebut telah diatur berdasarkan aturan perundang-undangan.

"Bukan berarti bu Mega dan pak SBY itu memihak, tapi memang UU tidak boleh, seperti sekarang aturan yang sama berlaku, UU nomor 9 tahun 1998,' tandas Mahfud.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X