Siang Ini, DPR Gelar Rapat Paripurna Tetapkan Listyo Sigit Jadi Kapolri

- Kamis, 21 Januari 2021 | 10:31 WIB
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Sekjen DPR)
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Sekjen DPR)

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan menggelar rapat paripurna pada hari ini, Kamis (21/1/2021). Adapun rapat paripurna tersebut sebagai tindak lanjut dari proses fit and proper test kepada calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo di Komisi III DPR.

“Iya betul (rapat paripurna hari ini),” kata Sekjen DPR RI, Indra Iskandar saat dikonfirmasi Indozone, Kamis (21/1/2021).

Berdasarkan undangan yang diterima Indozone, rapat paripurna diagendakan pada pukul 14.00 WIB dan terdapat dua agenda dalam paripurna tersebut.

Pertama rapat paripurna diawali dengan pelantikan Pertantian Antar Waktu (PAW) angota DPR RI. Kemudian mengenai laporan Komisi III DPR RI tentang hasil uji kelayakan atau fit and proper test kepada calon Kapolri dan dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

Rapat paripurna ini akan dihadiri oleh anggota DPR baik secara fisik ataupun secara virtual sesuai dengan syarat protokol kesehatan Covid-19 yang ada.

Sebelumnya diketahui, Komisi III DPR RI resmi menyetujui Komjen Listyo Sigit menjadi Kapolri untuk menggantikan Jendral Idham Azis. Hal tersebut usai Komisi III DPR menggelar fit and proper test kepada Listyo Sigit.

Awalnya sembilan fraksi yang berada di DPR memberikan pandangan mereka terkait fit and proper test Listyo. Hasilnya semua fraksi pun menyetujui Kabareskrim itu menjadi orang nomor satu di Polri.

Hingga akhirnya Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry menyebut bahwa semua fraksi telah setuju agar Listyo menjadi Kapolri dan menggantikan Idham Azis.

“Dengan demikian berdasarkan pertimbangan pandangan dan catatan yang disampaikan oleh fraksi-fraksi, akhirnya pimpinan dan anggota komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari atas nama Kapolri Jendral Idham Azis dan menyetujui pengangkatanan konjem Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri,” kata Herman Herry.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X