Mendag Ajak Pengusaha Elektronik Dukung Pemulihan Ekonomi

- Rabu, 2 September 2020 | 13:49 WIB
Menteri Perdagangan  Agus Suparmanto. (ANTARA/Mentari Dwi Gayati).
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. (ANTARA/Mentari Dwi Gayati).

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengajak pemangku kepentingan niaga elektronik (niaga-el) tetap optimis dan terus bersinergi dalam menjaga roda perdagangan Indonesia agar tetap maju, khususnya pada masa pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 telah berdampak pada berbagai sektor, tidak terkecuali sektor perdagangan. Ini salah satu kunci pertumbuhan ekonomi bagi Indonesia. Oleh karena itu, sektor perdagangan harus terus bergerak dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” kata Agus di Jakarta.

Ia menyampaikan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) kinerja sektor informasi dan komunikasi tumbuh positif sebesar 10,35 persen di kuartal kedua. Sementara, jumlah pengguna internet di tanah air mencapai 143 juta jiwa atau 64 persen dari total populasi.

Selain itu, UMKM Indonesia yang memanfaatkan niaga-el berpotensi meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia, karena itu diperlukan dukungan berbagai pihak dalam pengembangan niaga-el. Dukungan tersebut di antaranya dengan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM), meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

“Diharapkan penyelenggara niaga-el dapat mendukung program pemerintah. Dukungan tersebut di antaranya adalah menyediakan ruang promosi dan mengutamakan perdagangan produk dalam negeri, serta meningkatkan daya saing pelaku UMKM dan produknya,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X