Sebanyak 263 Alat Musik Tradisional Nusantara Dipamerkan di Ambon

- Selasa, 10 November 2020 | 19:51 WIB
Empat remaja Dayak memainkan alat musik tradisional khas Dayak. (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)
Empat remaja Dayak memainkan alat musik tradisional khas Dayak. (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Sebanyak 263 koleksi alat musik tradisional jenis petik, pukul dan gesek asli Indonesia dipamerkan dalam Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara di gedung pameran tetap satu Museum Siwalima Provinsi Maluku, Kota Ambon, Selasa (10/11/2020).

Diketahui, ratusan alat musik yang dipamerkan merupakan koleksi dari 31 museum di Indonesia, di antaranya Museum Nasional, Museum MH Thamrin, Museum Sejarah Kota Jakarta, Museum Seribu Moko dan Museum Loka Budaya Universitas Cendrawasih.

Acara tersebut bertajuk "Simfoni Cinta Nusantara" yang merupakan Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara di Kota Ambon. Kegiatan ini nantinya akan berlangsung hingga 25 November mendatang.

Baca juga: Habib Rizieq Pulang, Sahroni: Selamat Datang Kembali ke Tanah Air, Umat Sudah Rindu

"Pameran alat musik tradisional nusantara merupakan kegiatan bersama museum negeri provinsi. Pertama kali digelar tahun 2010 di Museum Nasional di Jakarta," kata Kepala Museum Siwalima Provinsi Maluku Jean Esther Saiya, seperti yang dilansir dari Antara, Selasa (10/11/2020).

Pameran tersebut pertama kali dilaksanakan pada 2010 di Museum Nasional. Tak hanya itu saja, pameran alat musik tradisional nusantara itu juga telah dibawa keliling 10 kota di Indonesia.

Museum Siwalima di Kota Ambon menjadi tuan rumah ke-11, setelah sebelumnya dilaksanakan di Museum Mpu Tantular di Sidoarjo pada 14 Agustus-14 September 2019. Pembukaan pameran di Museum Siwalima dihibur oleh penampilan orkes musik tradisi Molucca Bamboo Wind Orchestra atau MBO.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X