The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menarik, Kampung Tangguh di Tangerang Ternyata Punya Ruang Isolasi Covid Mandiri
Ruang isolasi mandiri di Kampung Tangguh Jaya di Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
News

Menarik, Kampung Tangguh di Tangerang Ternyata Punya Ruang Isolasi Covid Mandiri

Seperti apa?

Jumat, 26 Februari 2021 20:43 WIB 26 Februari 2021, 20:43 WIB

INDOZONE.ID - Program Kampung Tangguh Jaya yang dicanangkan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bertujuan untuk menekan angka penyebaran virus corona di tingkat RT hingga RW. Program itu tersebar di berbagai wilayah Polda Metro Jaya dan memiliki keunikan tersendiri.

Seperti lokasi Kampung Tangguh Jaya di RW 15, Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang yang memiliki ruang isolasi mandiri untuk warganya sendiri. Ruang isolasi tersebut dibentuk melalui program Kampung Tangguh untuk merawat warga yang terpapar virus corona.

Selain ruang isolasi, terdapat pula pembudidayaan ikan lele di sana dalam rangka pemulihan ekonomi. Lebih unik lagi, puluhan warga muda mudi juga dilatih oleh TNI-Polri agar bisa melakukan swab test sendiri.

"Masyarakat kalau merasa kurang enak badan disiapkan swab antigen gratis dan bisa door to door karena warga disini ada 52 yang dilatih untuk bisa swab antigen mandiri, nggak perlu ke Puskesmas," kata Irjen Fadil kepada wartawan di Tangerang, Jumat (26/2/2021).

Fadil menyampaikan hal tersebut dalam kunjungannya di Kampung Tangguh tersebut. Baru beberapa Minggu berdiri, Fadil menyebut angka Covid-19 sudah menurun.

"Setelah semua dilakukan testing ketemu jumlahnya terakhir Senin kemarin 29 orang (positif Covid) dan hari ini melihatkan penurunan tinggal 25 orang jadi sembuh empat," beber Fadil.

Dalam kesempatan yang sama, Ibu Bay warga RT 2 mengaku terbantu dengan adanya Kampung Tangguh di wilayahnya. Sebab, warga yang ingin melakukan pengecekan virus corona dapat dilakukan di wilayahnya sendiri dengan gratis dan dilakukan oleh warganya sendiri.

"Banyak program bagus di sini misalnya pengecekan virus corona gratis juga dikasih fasilitas cuci tangan banyak, gratis bahkan ada ruang isolasi. Ini yang melakukan swabnya anak-anak kita sendiri," kata Ibu Bay.

Sekedar informasi, program Kampung Tangguh Jaya merupakan program dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran untuk menekan angka penyebaran virus corona khususnya di zona merah penyebaran virus corona. Program ini menyasar ke tingkat mikro atau ke tingkat terkecil di lingkungan masyarakat seperti RW dan RT.

Isi dari program tersebut yaitu melakukan pelatihan pengecekan virus corona, pemulihan ekonomi hingga mengintervensi warga terkait virus corona. Ada pula program budi daya tanaman hingga ikan yang dilakukan dalam program ini.

Artikel menarik lainnya

TAG
Susi Fatimah
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US