Pasca 3 Pejabat Positif Corona, Istana Wajibkan Tamu Jokowi Jalani Swab Test

- Senin, 3 Agustus 2020 | 15:09 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)

Pasca tiga pejabat dinyatakan positif terpapar virus corona atau Covid-19 dan sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Istana Negara kini kembali mengetatkan protokol kesehatan di lingkup wilayah tersebut.

Ketiga pejabat yang sempat terpapar Covid-19 adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, dan terakhir Gubernur Kepulauan Riau Isdianto.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Sekretariat Presiden akan tetap melakukan pengetatan protokol kesehatan, meskipun sebelumnya protokol kesehatan yang diterapkan di lingkungan Istana Kepresidenan sudah sangat ketat.

“Kami di Sekretariat Presiden tetap melakukan pengetatan protokol kesehatan walaupun yang lalu sampai hari ini kami sudah melakukan secara ketat protokol kesehatan,” kata Heru dalam keterangannya, Senin (3/8/2020).

Heru mengungkapkan bahwa semua pihak yang akan bertemu dengan Presiden Jokowi diwajibkan untuk melakukan swab test terlebih dahulu. Hal itu guna mencegah terjadinya penularan virus corona.

“Walaupun sudah dilakukan swab, pada hari H kami akan lakukan rapid test,” ungkapnya.

Protokol kesehatan juga diterapkan pada sarana dan prasarana di lingkungan istana, misalnya dengan menjaga jarak antarkursi, serta antara kursi tamu dengan kursi presiden sejauh kurang lebih 2-2,5 meter. Di meja oval tempat presiden biasa menerima tamu pun akan ditambahkan pembatas berupa kaca akrilik

“Di meja oval yang akan menerima tamu-tamu yang diundang oleh Bapak Presiden, kami siapkan pembatas. Pembatas itu artinya kaca akrilik sehingga Bapak Presiden walaupun berhadapan tetap ada batas,” terang Heru.

“Selain itu, tetap menggunakan masker, tetap cuci tangan, dan tetap masuk ke tabung disinfektan sehingga semuanya terjamin protokol kesehatan di istana,” tutupnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X