Ini Motif Brigjen Pol Prasetijo Utomo Bantu Djoko Tjandra

- Kamis, 30 Juli 2020 | 21:08 WIB
Brigjen Prasetijo Utomo dan Djoko Tjandra. (Istimewa)
Brigjen Prasetijo Utomo dan Djoko Tjandra. (Istimewa)

Mabes Polri mengungkap hasil pemeriksaan sementara terhadap Brigjen Pol Prasetijo Utomo (BJP PU) terkait motifnya membantu mengeluarkan surat jalan dan surat sehat untuk buronan Djoko Tjandra. Motif sementara yang dihimpun Polri disebut-sebut BJP PU hanya berniat menolong Djoko Tjandra.

"(Motif BJP PU) untuk sementara ini yang bersangkutan menyampaikan hanya menolong saja," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Meski begitu, Argo menyebut Propam Polri masih mendalami keterangan terkait motif itu. Proses pendalaman pun masih dilakukan oleh penyidik.

"Sekarang pemeriksaan belum selesai dan itu bisa berkembang. Nanti kita lihat hasil pemeriksaan dan sementara dinyatakan dia hanya berniat menolong saja," beber Argo.

Seperti diketahui, Brigjen Prasetijo yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri mengeluarkan surat jalan untuk buronan kelas kakap Djoko Tjandra. Brigjen Pras mengeluarkan surat itu tanpa sepengetahuan pimpinan di Bareskrim Polri.

Tidak hanya surat jalan, dia juga membantu Djoko Tjandra untuk mendapatkan surat sehat dari Polri. Pasca perbuatannya itu, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mencopot Brigjen Pras dari jabatannya.

Bareskrim Polri juga sudah menetapkan Brigjen Pras sebagai tersangka kasus surat palsu dan membantu buronan. Dia dikenakan pasal berlapis dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X