Terungkap! Orient Patriot Riwu Kore Si Warga AS Bupati Terpilih, Ternyata Kader PDIP

- Rabu, 3 Februari 2021 | 20:13 WIB
Orient Patriot Riwu Kore, calon bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua (kiri) dan Megawati Soekarnoputri, pemimpin PDIP (kanan). (Instagram)
Orient Patriot Riwu Kore, calon bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua (kiri) dan Megawati Soekarnoputri, pemimpin PDIP (kanan). (Instagram)

Nama Orient Patriot Riwu Kore jadi sorotan publik setelah diketahui memiliki kewarganegaraan ganda, Amerika Serikat dan Indonesia.

Berdasarkan penelusuran Indozone, Orient yang memenangkan Pemilihan Bupati Sabu Raiju 2020, diketahui kader PDIP, parpolnya Megawati Soekarnoputri.

Pada Pilbup Sabu Saiju yang digelar 9 Desember 2020 lalu, Orient maju berdampingan dengan Thobias Uly, kader Partai Demokrat.

Selain PDIP dan Partai Demokrat, Orient-Thobias juga didukung oleh Partai Gerindra.

Terungkapnya status kewarganegaraan Orient berawal dari surat balasan yang diterima Badan Pengawal Pemilu (Bawaslu) Sabu Raijua dari Keduataan Besar AS di Jakarta, yang isinya menginformasikan bahwa Orient merupakan warga AS.

"We would like to inform you that Mr Orient Patriot Riwukore is holding a US Citizenship," demikian petikan isi surat tersebut.

Orient lahir di Kupang, Nunbaun Sabu, 7 Oktober 1965 dari pasangan suami istri Agustinus David Riwu Kore dan Ema Mariance Koroh Dimu.

Orient menempuh pendidikan SD di SD Inpress Nunbaun Sabu, Kupang pada tahun 1971 hingga 1977. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Kupang (1977-1980), dan di SMEA Negeri Kupang (1980-1983).

Selanjutnya, Orient meraih gelar Sarjana Administrasi Niaga dari Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, tahun 1987.
 
Orient menikah dengan Trini Martinez pada tahun 1996. Mereka bertemu di AS saat Orient menempuh kuliah S-2 di sana. Tak cuma satu, Orient tercatat meraih gelar Master of Arts (MA) in Religius Studies di Universitas California (1996), Master of Business Administration (MBA) dari University of Southern California (1999), dan Master of Theology (Th.M) di California Center of Theological Studies (2001). 

Selesai S-2, Orient kemudian menempuh pendidikan S-3 dan meraih tiga gelar doktor, yakni Doktor of Philosophy (Ph.D) di Dallas Theology Seminary di Texas (2004), Ph.D Accouting and Finance di Argosy University of San Diego (2010), dan Doktor of Business Administration (DBA) di North Central University, Presscott, Arizona (2016).

Trini Martinez sendiri lahir dan besar di Los Angeles, AS. Trini merupakan keturunan Yahudi dari Spanyol. Orang tuanya pindah ke Amerika Serikat setelah Perang Dunia II.

Dari pernikahannya dengan Trini, Orient dikaruniai dua anak, yakni Franklin Riwu Kore dan Jessica Riwu Kore. Putranya, Franklin, sekarang menjadi sniper militer AS, pernah bertugas di Afganistan dan Suriah.

Sedangkan putrinya, Jessica, menempuh pendidikan di South Western College, San Diego, AS, jurusan Keperawatan.

Menanggapi kasus ini, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh menyebut bahwa Orient memiliki paspor Amerika Serikat tanpa melepaskan statusnya sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X