Demi Tingkatkan Pelayanan, Ratusan Kades di OKU Minta Kenaikan Gaji

- Kamis, 18 Februari 2021 | 17:03 WIB
Ratusan kepala desa di Okut tuntut kenaikan gaji. (photo/ANTARA/Edo Purmana)
Ratusan kepala desa di Okut tuntut kenaikan gaji. (photo/ANTARA/Edo Purmana)

Ratusan kepala desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menuntut kenaikan gaji dari sebelumnya Rp2,4 juta per bulan menjadi Rp4 juta guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ketua Forum Kepala Desa (FKD) Ogan Komering Ulu (OKU), Flando di Baturaja, Kamis mengaku kecewa dengan Dinas PMD OKU karena belum merespons keinginan para kades yang meminta kenaikan gaji atau tunjangan.

“Kami kecewa karena keinginan kami tidak terakomodir, sampai hari ini kami belum mendapatkan kejelasan dari pihak PMD," katanya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Ruang Badan Anggaran DPRD OKU bersama pihak terkait.

Oleh sebab itu, ratusan kades di OKU mengancam melepas cupu dan akan menunda APBDes sampai ada kejelasan terkait tuntutan kenaikan gaji tersebut.

Ketua DPRD OKU, Marjito Bahri, mengatakan terkait hal tersebut Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) akan membuat formulasi untuk mengakomodir kenaikan tunjangan kades.

“Kemudian disampaikan di Banggar dan nanti DPRD yang akan memutuskan,” kata Marjito.

Ditambahkan Marjito, berdasarkan informasi dari Kabag Hukum Setda OKU bahwa untuk kenaikan tunjangan kades ini bisa diambil 10 persen dari pajak agar dikontribusikan kepada kepala desa.

“Saya pikir tidak ada masalah. Tinggal kemauan TAPD sendiri untuk menggodok itu,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD OKU, Ahmad Pirdaus, menerangkan, terkait usulan kenaikan tunjangan atau gaji ini pihaknya sifatnya hanya mengusulkan saja.

“Kita hanya mengusulkan, nanti yang membahasnya di Banggar,” tegasnya.

Hanya saja, lanjut dia, sesuai aturan efisiensi insentif RT/RW dan BPD untuk mengakomodir kenaikan tunjangan kades ini agar tidak lebih dari 30 persen sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2019.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X