The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pandemi Covid-19, Jokowi Minta Bantuan untuk Desa Tepat Sasaran
Presiden Jokowi. (Instagram/@jokowi)
News

Pandemi Covid-19, Jokowi Minta Bantuan untuk Desa Tepat Sasaran

Penyangga ekonomi.

Kamis, 24 September 2020 16:28 WIB 24 September 2020, 16:28 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo meminta sinergitas antar kementerian agar melakukan percepatan peningkatan ekonomi di desa saat pandemi Covid-19. Hal ini perlu dilakukan karena ketika terjadi krisis ekonomi di kota maka desa akan menjadi penyangga ekonomi.

"Kita tahu pandemi tidak hanya menghantam ekonomi masyarakat di perkotaan tetapi juga di pedesaan. Dan ketika terjadi krisis ekonomi di perkotaan maka desa menjadi penyangga karena terjadi arus balik perpindahan orang dari kota ke desa," kata Jokowi di Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Untuk itu, pemerintah dalam jangka pendek akan menggunakan kemampuannya untuk mengalirkan anggaran jaringan sosial berupa bantuan agar dapat meringankan beban masyarakat yang terpaksa ke desa karena ketiadaan pekerjaan.

"Dalam jangka pendek semua skema program yang berkaitan dengan jaring perlindungan sosial seperti PKH, bantuan sosial tunai, BLT desa betul-betul, harus kita pastikan tepat sasaran dan berjalan efektif dan pastikan itu diterima oleh masyarakat di desa yang terdampak Covid dan yang membutuhkan," tuturnya.

Semua ini harus dilakukan dengan pengawasan yang tinggi agar semua model bantuan yang diberikan pemerintah dapat bermanfaat bagi masyarakat agar masyarakat memiliki ketahanan di saat pandemi masih melanda Tanah Air.

"Gunakan kesempatan ini untuk mengintegrasikan dan mengkonsolidasikan program penanggulangan kemiskinan dengan program peningkatan ekonomi desa, sehingga membuat masyarakat tetap terbaru," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti
Wilfridus Kolo
JOIN US
JOIN US