Saat Pandemi, 'Guru Penggerak' Dinilai Sebagai Solusi Perubahan Pendidikan di Indonesia

- Kamis, 24 September 2020 | 00:27 WIB
Ilustrasi guru penggerak perubahan. (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Ampelsa)
Ilustrasi guru penggerak perubahan. (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Ampelsa)

Di tengah situasi pandemi COVID-19, pegiat pendidikan menilai bahwa Program Guru Penggerak yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dianggap menjadi sebuah solusi untuk merubah pendidikan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Ikatan Guru TIK PGRI, Wijaya Kusumah. Ia juga menilai bahwa program itu bagus dan sebisanya terus dilanjutkan.

"Program ini menjadi salah satu solusi, karena guru dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada teman-teman sesama guru lainnya di wilayahnya. Bahkan, guru-guru di sekolah perkotaan dapat membagikan pengalaman sehingga transformasinya berjalan dengan cepat," kata Wijaya, dilansir dari Antara, Rabu (23/9/2020).

Dia juga menambahkan bahwa program ini dapat menggerakan guru dan orang lain untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Guru Penggerak berarti mau berbagi tanpa harus diminta. Apa yang bisa kita lakukan, ya lakukan saja seperti belajar menulis dan berbagi melalui WhatsApp, Zoom, atau aplikasi apa pun. Yang penting tidak merugi," tambah dia.

"Saat ini banyak media yang bisa dimanfaatkan. Kalau dulu dapat berbagi mesti datang ke lokasi, sekarang guru dapat berbagi dari rumah masing-masing lewat online, baik secara langsung maupun tidak langsung," ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X