Ada Sosok Anjing Nyelonong, Momen Foto Kabinet Pertama Presiden Soekarno Usai Kemerdekan

- Selasa, 11 Agustus 2020 | 16:20 WIB
Foto kabinet pertama presidensial usai kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. (Istimewa)
Foto kabinet pertama presidensial usai kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. (Istimewa)

Setelah merengkuh kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, tibalah negara yang baru dilahirkan bernama Indonesia membentuk kabinet pemerintahannya dengan Presidennya Ir. Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Hanya saja satu momen dianggap tidak lazim ada seekor anjing tampak sedang mengganggu keformalan dan kehidmatan foto perkenalan kabient pertama Indonesia.

Binatang itu tiba-tiba nyelonong masuk dalam sesi pemotretan. Tanpa rasa bersalah, dia pun tertangkap foto bersama para kabinet pemerintahan.

Namun yang mengejutkan fotografer tidak membuang momen tersebut dan malah mengabadikannya sebagai sejarah penting bangsa di mana masuk dalam sejarah peristiwa pembentukan kebinet pertama Indonesia.

Foto kenegaraan biasanya bersifat serius dan “bersih” dari segala macam gangguan.

Namun, foto-foto kenegaraan Republik Indonesia pada era terdahulu ternyata tak seperti itu. Potret-potret resmi tersebut tak jarang ikut merekam insiden tidak lazim.

Foto kenangan tersebut dibuat pada 4 Oktober 1945, kabinet pertama Republik Indonesia berpose untuk media massa asing di halaman rumah Sukarno, di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta.

Menurut Yudhi Soerjoatmodjo dalam IPPHOS Remastered, Menteri Penerangan Amir Sjarifuddin, yang baru dua hari keluar dari penjara Jepang, mengenakan jas kedodoran, celana pendek, sambil merokok.

Setelah pose tersebut, para juruwarta asing mengajukan pertanyaan kepada Sukarno-Hatta yang duduk dikeliling para menterinya, termasuk Amir Sjarafuddin.

Seperti yang dikutip Indozone.id dari berbagai sumber, Rosihan Anwar dalam Sejarah Kecil “petite histoire” Indonesia Volume 3, menyebut Amir Sjarifuddin yang tidak banyak bicara itu “memakai celana pendek dengan kaus kaki panjang mirip gaya uniform bush-shirt Marsekal Lord Wavell yang pernah sebentar bermarkas di Bandung sebagai Panglima Tentara Sekutu sebelum tentara Dai Nippon mendarat di pantai Pulau Jawa.”

Tampak foto kabinet pertama RI. Menlu (Menteri Luar Negeri) Mr. Achmad Soebardjo memakai jas kesempitan.

Menteri Penerangan Amir Sjarifuddin malah pakai celana pendek dipadu jas. Hanya Bung Karno paling parlente.

Tampak kesedarhanaan diperlihatkan pada foto saat pelantikan kabinet pertama Indonesia.

Kabinet Presidensial adalah kabinet pertama yang dibentuk di Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X