Jadi Menparekraf, Komisi X DPR: Mas Menteri Sandiaga Uno Punya Tugas Berat

- Kamis, 24 Desember 2020 | 14:31 WIB
Sandiaga Uno. (Instagram/@sandiuno)
Sandiaga Uno. (Instagram/@sandiuno)

Wakil Ketua Komisi X dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Abdul Fikri Faqih menyebutkan, tugas Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru sangat berat di tengah masa pandemi Covid-19.

Pasalnya menurut Fikri, Kemenparekraf merupakan sektor yang berkontribusi cukup besar dalam devisa negara sebelum terjadi penyebaran virus Corona, yakni hingga US$44 miliar.

"Mas Menteri Sandiaga Uno punya tugas berat," ucap Fikri kepada Indozone, Kamis (24/12/2020).

Olehnya itu, Fikri mengimbau agar Sandiaga mampu segera menerbitkan soal skema pembiayaan dan sistem pemasaran berbasis kekayaan inelektual agar pelaku ekonomi kreatif merasakan hadirnya UU 24/2019 tentang ekraf dan fasilitasi pemerintah terhadap mereka yang sedang terdampak pandemi.

"Kita tunggu aksi Mas Sandi," ungkapnya.

Pasalnya, menurut Fikri, Pariwisata dan Ekonomi kreatif saat ini telah menjadi satu institusi, maka Perpres tentang Rencana Induk ekonomi Kreatif (Rindekraf) yang lama meski segera direvisi menyesuaikan UU baru

"Dan bahkan harus terpadu dengan pariwisata sehingga lebih sinergi dalam membangun ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif," tandas Fikri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X