The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Waspada! Nakes Gadungan Curi Emas Batangan di Rumah Korban Covid-19, Ini Modusnya
Pencuri di rumah korban Covid-19 (Instagram/panorama.malang)
News

Waspada! Nakes Gadungan Curi Emas Batangan di Rumah Korban Covid-19, Ini Modusnya

Rabu, 03 Maret 2021 22:34 WIB 03 Maret 2021, 22:34 WIB

INDOZONE.ID - Di tengah pandemi Covid-19, rupanya modus pencurian juga ikut berubah. Baru-baru ini, satu keluarga di Malang, Jawa Timur menjadi korban pencurian bermodus penyemprotan disinfektan dengan berpura-pura menjadi tenaga kesehatan (nakes).

Peristiwa ini diketahui terjadi di Jalan Ranugrati, tepatnya di rumah Ketua RT 003 RW 006 Kelurahan Sawojajar, Kota Malang, yang bernama Harsono.

Padahal, saat itu keluarga sedang berduka karena Harsono baru meninggal karena Covid-19.

Pelaku menyamar dan mengaku sebagai petugas dari RS Lavalette, tempat Harsono dirawat. Aksi pelaku cukup meyakinkan karena memakai APD lengkap.

Pelaku datang tiga kali dengan modus menyemprotkan disinfektan di rumah keluarga almarhum. Pertama, dia datang untuk memperkenalkan diri pada pemilik rumah, kemudian menyemprotkan disinfektan sebanyak dua kali.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PANORAMA MALANG (@panorama.malang)

Namun, pelaku hanya menggunakan semprotan burung saat mendisinfeksi rumah tersebut. Keluarga mulai curiga pada disinfeksi yang kedua karena pelaku tidak memakai APD sama sekali.

Dia hanya memakai helm dan masker serta buru-buru melakukan tugasnya. Keluarga juga mengaku mendengar suara lemari dan laci dibuka dari dalam kamar.

Namun, tiga anggota keluarga yang semuanya wanita masih berpikir positif dan tak menduga pria itu adalah pencuri. Ketika pelaku selesai beraksi, barulah keluarga sadar bahwa sekitar 8 perhiasan dan emas batangan 5 gram telah hilang.

Diperkirakan keluarga mengalami kerugian sekitar Rp15 juta akibat pencurian ini. Pihak keluarga kemudian menghubungi rumah sakit untuk menanyakan apakah benar ada petugas yang dikirim untuk menyemprotkan disinfektan.

Pihak rumah sakit pun membantah hal tersebut. Tak ayal hal ini membuat keluarga korban pencurian begitu terpukul. Baru kehilangan anggota keluarga karena Covid-19, kini mereka malah menjadi korban pencurian.

Kasus ini telah dilaporkan ke Polsek Kedungkandang dan polisi saat ini tengah memburu pelakunya. Polisi mengingatkan warga agar lebih berhati-hati dengan modus sejenis.

Selalu minta surat tugas, kartu identitas, dan petugas wajib didampingi anggota keluarga.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US