Energy Watch: Harga Minyak Dunia Tergantung pada Komitmen OPEC Jaga Pasokan

- Kamis, 25 Juni 2020 | 12:16 WIB
Ilustrasi peleburan minyak. (Freepik).
Ilustrasi peleburan minyak. (Freepik).

Energy Watch menilai, fluktuasi harga minyak dunia yang terjadi di masa pandemi virus corona saat ini, akan sangat tergantung dari komitmen negara-negara produsen minyak yang tergabung dalam OPEC dan Rusia (OPEC+). 

Sebagaimana diketahui, dalam kesepakatan yang telah dibuat oleh OPEC+, pemangkasan produksi minyak akan dilakukan hingga akhir Juli 2020. Namun demikian, jika dilihat perkembangan saat ini, pemulihan permintaan tak kunjung terjadi meski pelonggaran lockdown telah dilakukan. 

Hal itu tentu menjadi kekhawatiran tersendiri, karena gelombang kedua pandemi corona justru terjadi di beberapa negara, termasuk Eropa dan Amerika Serikat. Hal itu kemudian mendorong gagasan bahwa perpanjangan pengurangan produksi masih diperlukan untuk stabilitas harga. Dorongan untuk perpanjangan pembatasan selepas akhir Juli 2020 pun tengah menjadi pembicaraan serius. 

"Terkait dengan harga minyak dunia saya kira harusnya OPEC+ sepakat dengan komitmen yang mereka buat terkait dengan pemotongan produksi, mengingat saat ini kondisi perekonomian global masih belum tumbuh secara maksimal," ujar Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan kepada Indozone, saat dihubungi pada Kamis (25/6/2020). 

Menurut Mamit, dengan komitmen yang kuat dari negara-negara OPEC+ dalam memangkas produksi minyak, maka harga minyak dunia akan tetap terjaga. 

"Jika harga terus terjaga di level sekarang dan jelas ini menurut saya menguntungkan untuk OPEC+ juga," tuturnya.  

Terlebih, kata Mamit, saat ini di beberapa negera timbul gelombang kedua pandemik covid-19, dimana hal ini bisa memukul kembali permintaan akan bahan bakar. 

"Jika OPEC+ bersikeras untuk tidak melanjutkan pemotongan sesuai komitmen awal, maka saya kira akan membuat harga minyak dunia akan kembali tergerus," tuturnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X