Keren! Mahasiswa UI Ciptakan Alat Penangkal Kecanduan Gadget

- Jumat, 8 November 2019 | 11:42 WIB
Reuters/Willy Kurniawan
Reuters/Willy Kurniawan

Sekelompok mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) berhasil menciptakan alat yang bisa digunakan sebagai penangkal kecanduan gadget. Alat tersebut diberi nama Nettox.

Nettox sendiri merupakan singkatan dari internet detox atau detoksifikasi daring. Butuh waktu tiga bulan untuk menyelesaikan Nettox tersebut. Alat ini bentuknya seperti jam tangan, namun ukurannya sedikit lebih besar.

Uji coba penelitian ini pertama kali dilakukan terhadap seorang mahasiswa bernama Tyas Sisianindita. Setiap harinya, Tyas selalu menghabiskan waktunya main gadget delapan jam. Ia biasanya menggunakan gawainya hingga 5 jam sebelum tidur pada malam hari.

Pada Nettox terdapat sensor pengukur kandungan oksigen pada sel darah merah (hemoglobin oxygen levels) dan pengukur detak jantung (heart rate variability/ HRV).

Berdasarkan pengukuran normal melalui Nettox, ukuran HRV Tyas ada di angka 44 dari skala normal, menurut American Psychological Association berada di angka 60 untuk usia 18 sampai 25 tahun.

Nettox akan memperingatkan para pengguna gadget jika kadar HRV dan kadar oksigen dalam darah merah turun, sehingga bisa segera meletakkan gadget mereka. Wah, cocok buat kamu yang kecanduan gadget.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X