Kemenkes Sebut 10 Provinsi di Indonesia Miliki Kasus Penyebaran Tertinggi Varian Delta

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 10:27 WIB
Ilustrasi Covid-19 (Pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (Pixabay)

Kasus Covid-19 varian delta, penyebarannya semakin tinggi di beberapa daerah di Indonesia. Kementerian Kesehatan menemukan sejumlah daerah yang memiliki tingkat penyebaran tertinggi pada varian delta.

Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Kemenkes menyebut, varian delta terbanyak terdapat di beberapa provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

"Provinsi-provinsi tersebut harus lebih waspada dan meningkatkan testing dan tracing mengingat jumlah varian delta terdeteksi cukup tinggi dengan angka testing rate di bawah rata-rata nasional,” kata Nadia, Kamis (19/8).

Nadia ingin jika provinsi dengan angka tertinggi penyebaran varian delta untuk lebih tingkatkan lagi 3T. Ia juga meminta agar provinsi yang disebutkan tadi segera melaporkan kasus yang masuk kriteria agar dilakukan pemeriksaan sekuensing ke laboratorium rujukan.

"Per 18 Agustus lebih dari 500.000 sekuensing dilakukan dengan 80% hasil adalah varian Delta. Sekali lagi upaya pengendalian dan vaksinasi yang kita lakukan saat ini masih terbukti efektif untuk mencegah penularan dan mencegah keparahan serta kematian akibat infeksi varian Delta ini,” kata Nadia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X