The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menlu Retno Sebut Indonesia Akan Beri Bantuan Rp42,7 Miliar untuk Afghanistan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (photo/David Mareuil/Pool via REUTERS)
News

Menlu Retno Sebut Indonesia Akan Beri Bantuan Rp42,7 Miliar untuk Afghanistan

Kamis, 16 September 2021 20:59 WIB 16 September 2021, 20:59 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebutkan bahwa Pemerintah Indonesia berencana memberi bantuan sebesar US$3 juta atau senilai Rp42,77 miliar untuk Afghanistan.

Retno menuturkan bantuan tersebut mencerminkan komitmen Indonesia membantu Afghanistan yang kini telah dikuasai rezim Taliban.

"Indonesia berkomitmen memberikan bantuan sebesar US$3 juta kepada masyarakat Afghanistan, melalui mitra lokal yang terpercaya," kata Retno dalam pertemuan virtual Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait situasi di Afghanistan dikutip Kamis (16/9).

Pada pertemuan virtual bersama PBB, Senin (13/9), Menlu Retno pada cuitan di Twitter, menyebutkan Indonesia akan menyumbangkan sejumlah bantuan, yaitu: 

  • Bantuan kemanusiaan senilai 150 ribu dolar AS (sekitar Rp2,1 miliar).  
  • Bantuan peningkatan kapasitas di Afghanistan selama dalam tiga tahun ke depan senilai 2,85 juta dolar AS (Rp40 miliar). 

Baca juga: Hindari Pengunjung Buka Masker, Bioskop Tak Jual Makanan dan Minuman

Menlu Retno menegaskan bahwa Indonesia terus berharap Afghanistan di tangan Taliban akan membentuk pemerintahan yang inklusif, melindungi hak asasi manusia, dan mencegah negara Asia Selatan itu menjadi sarang aktivitas terorisme.

Selain itu, Menlu Retno saat mengikuti secara virtual Pertemuan Tingkat Tinggi PBB untuk Situasi Kemanusiaan di Afghanistan menekankan bahwa keselamatan dan kehidupan warga Afghanistan harus menjadi prioritas utama.

"Keselamatan dan kehidupan masyarakat Afghanistan adalah prioritas utama," kata Menlu Retno.

Pertemuan tingkat tinggi tersebut diselenggarakan oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan dihadiri oleh pejabat tinggi setingkat menteri dari seluruh negara anggota PBB dan organisasi internasional.

Selain Menlu RI, pertemuan itu juga diikuti oleh para menlu dari 35 negara, antara lain Jerman, Inggris, Turki, Pakistan, Iran, Uni Emirat Arab, dan Norwegia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US