Wapres Sesalkan Peredaran Narkoba Tetap Jalan Meski PPKM

- Kamis, 16 September 2021 | 17:34 WIB
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (photo/Instagram/@kyai_marufamin)
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (photo/Instagram/@kyai_marufamin)

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menyayangkan peredaran narkoba tetap terjadi, meski di tengah kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Pembatasan yang diterapkan selama masa pandemi Covid-19 ini ternyata tidak menghentikan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di masyarakat," ucapnya, ketika membuka webinar “Ancaman Narkoba di tengah Pandemi” melalui konferensi video, dari Jakarta, Kamis.

Penjagaan ketat di sejumlah titik masuk dan keluar di suatu negara juga tetap tak bisa menghentikan peredaran narkoba.

"Penjagaan ketat di setiap pintu keluar dan masuk suatu wilayah tidak membuat para bandar dan sindikatnya berhenti untuk mengedarkan barang haram tersebut," katanya.

Bahkan, kata dia, adaptasi kegiatan masyarakat di tengah krisis pandemi Covid-19 justru memunculkan modus baru dalam pengedaran gelap narkoba di berbagai negara di dunia.

Selain itu, pemasaran narkoba juga dapat menyesuaikan dengan kondisi perubahan pola perilaku masyarakat yang semakin bergantung pada internet di tengah kondisi pandemi Covid-19.

"Para bandar semakin gencar menawarkan barang haram tersebut secara daring atau online, melalui situs-situs gelap atau dark web," katanya.

Oleh karena itu, dia berharap partisipasi seluruh elemen masyarakat terlibat aktif untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X