Cegah Varian Mu Berkembang di Indonesia, Ini Saran Anggota DPR

- Jumat, 10 September 2021 | 09:19 WIB
Sejumlah warga berdiri di area Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) kawasan Sudirman, Jakarta. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Sejumlah warga berdiri di area Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) kawasan Sudirman, Jakarta. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Varian dari virus corona kini bermutasi menjadi Varian Mu atau B.1621. Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menilai adanya mutasi kembali virus Covid-19 harus menjadi perhatian bersama.

Menurut Rahmad alangkah baiknya masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah yakni menerapkan protokol kesehatan (prokes), menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Situasi memang belum bisa kita kendalikan dan sewaktu waktu bisa meledak kembali,” kata Rahmad kepada Indozone, Jumat (10/9/2021).

Di sisi lain, dia menekankan negara juga harus melakukan antisipasi agar varian Mu tak masuk ke Indonesia. Mulai dari memperketat perbatasan antar negara Indonesia dengan negara tetangga baik di darat atau laut. Kemudian bagi WNI yang baru kembali ke tanah air serta WNA yang masuk harus diperketat screeningnya.

“Aturan yang ketat, isolasi mandiri sesuai dengan ketentuan, naik pesawat dengan PCR, kemdian harus vaksin dan sampai Indonesia juga harus PCR dan isolasi. Baik pelabuhan darat ataupun udara,” tegasnya.

Selain itu Politisi PDIP ini berkata mengikuti vaksinasi adalah salah satu cara meningkatkan kekebalan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dia meminta agar semua masyarakat mengikuti program vaksinasi yang sudah dijalankan oleh pemerintah

“Paling penting untuk meningkatkan kekebalan kita bersama adalah dengan menyukseskan vaksin,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X