Anggota DPR Minta Dirjen PAS Lakukan Penyelidikan Usai Kebakaran di Lapas Tangerang

- Rabu, 8 September 2021 | 12:30 WIB
Ilustrasi kebakaran. (Unsplash/@esricz)
Ilustrasi kebakaran. (Unsplash/@esricz)

Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Alhabsyi menyayangkan terjadinya kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten.

Sebagai anggota Komisi III, dia minta Dirjen PAS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) perlu melakukan penyelidikan ihwal penerapan Standard Operasional Prosesur (SOP) jika terjadi kebakaran di dalam Lapas.

“Dirjen PAS perlu melakukan penyelidikan mengenai penerapan SOP penanganan kebakaran di Lapas,” tegas Aboe kepada wartawan, Rabu (8/9/2021).

Menurut Politisi PKS ini, seharusnya ada pola mitigasi yang bisa dilakukan, sehingga jika terjadi kebakaran di lapas tidak akan memakan korban sebanyak ini.

“Apalagi banyak lapas di Indonesia yang mengalami over kapasitas,” jelas Aboe.

Selain itu, Aboe mendesak Dirjen  segera membuat Langkah tanggap darurat untuk memberikan pertolongan terharap 73 warga binaan yang terluka. Sebab menurutnya mereka diberikan perawatan terbaik untuk mereka semua, baik yang dirawat di rumah sakit, di rawat di klinik, maupun yang masih berada di lapas.

“Dirjen PAS juga perlu segera memberikan kabar kepada keluarga warga binaan mengenai kondisi keluarga mereka. Dapat pula dibuat Call Centre oleh Lapas Kelas 1 Tanggerang, agar masyarakat bisa mengupdate kondisi keluarga tanpa mendatangi lapas. Dengan demikian dapat dihindari terjadinya kerumunan di lokasi Lapas Tanggerang,” tutur dia.

Selain itu, Aboe turut menyampaikan perlu adanya pengaturan secara khusus untuk prosedur indentifikasi dan pengembalian jenazah yang meninggal agar protokol Kesehatan tetap terjaga dengan baik.

“Pengaturan ini diperlukan agar pengambilan jenazah tidak menimbulkan antrian atau kerumuan,” tandasnya.

Sekedar informasi, Lembaga Pemasyrakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten ludes terbakar dini hari tadi. Tercatat, ada sebanyak 41 orang yang tewas akibat insiden ini. Selain korban jiwa, ada delapan penghuni Lapas yang luka-luka akibat kebakaran tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X