Arus Balik Lebaran 2022, 39 Ribu Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta Hari Ini

- Jumat, 6 Mei 2022 | 14:04 WIB
Sejumlah penumpang berjalan setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Sejumlah penumpang berjalan setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mencatat, terdapat 39.300 penumpang yang tiba dari berbagai daerah untuk kembali ke Ibu Kota pada H+4 Idul Fitri 1443 H atau Jumat (6/5/2022). Adapun Daop 1 meliputi stasiun Gambir dan Pasar Senen.

"Untuk Jumat 6 Mei 2022 terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area daop 1 Jakarta," kata Eva kepada Indozone, Jumat (6/5/2022).

Eva mengatakan bahwa berdasarkan data kedatangan pada masa Angkutan Lebaran untuk Daop 1 Jakarta, volume penumpang datang mengalami kenaikan tertinggi pada tanggal 5 sampai dengan 6 Mei 2022.

"Kedatangan penumpang masih mengalami peningkatan hingga 10 Mei 2022. Adapun sejak tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022 terdapat 111.700 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Pasarsenen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek," jelas Eva.

Dia menyatakan bahwa pihaknya sudah memastikan bilamana penumpang yang tiba sudah dapat memenuhi persyaratan saat menaiki kereta api. Kemudian, kata Eva, pemeriksaan pun juga dilakukan saat awal keberangkatan.

"Daop 1 Jakarta memastikan bahwa seluruh penumpang yang tiba telah memenuhi persyaratan untuk perjalanan penumpang KA karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan, sehingga pada saat tiba di stasiun tujuan penumpang tidak melalui proses pemeriksaan berkas kembali," tandasnya.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, Ini Strategi Kapolri Urai Kepadatan di Tol dan Pelabuhan Bakauheni

Jumlah Penumpang yang Berangkat Masih Tinggi

Sementara untuk volume penumpang berangkat dari area Daop 1 Jakarta saat ini juga terbilang masih cukup tinggi. Eva menyampaikan bilamana pada Jumat (6/5/2022) di Stasiun Gambir terdapat 36 KA beroperasi, dari jumlah tersebut 8 diantaranya merupakan KA tambahan. Adapun Volume penumpang berangkat sebanyak 10.000.

"Sementara untuk Stasiun Pasarsenen terdapat 29 KA beroperasi, 2 KA diantaranya merupakan KA Tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 15.400," beber Eva.

Dijelaskan Eva data tersebut hanya jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen jika ditambah dengan penumpang yang naik juga dari Bekasi, Karawang, Cikarang, Cikampek, dan Jakarta Kota.

"Maka secara total terdapat 25.400 penumpang yang berangkat dari Daop 1 Jakarta pada hari ini," tandas Eva.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X