Urai Kepadatan Arus Balik di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, Ini yang Dilakukan Menko PMK

- Jumat, 6 Mei 2022 | 19:05 WIB
Pemudik dengan sepeda motor antre naik ke kapal di dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)
Pemudik dengan sepeda motor antre naik ke kapal di dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan arus balik lebaran 2022 di pelabuhan Merak dan Bakauheni. Apalagi puncak arus balik lebaran diprediksi akan terjadi mulai dari 5-8 Mei 2022.

Muhadjir menuturkan jika Pelabuhan Merak sudah siap untuk menerima kedatangan para pemudik yang kembali ke Pulau Jawa. Selain itu, untuk menghindari penumpukan penumpang dan kendaraan pada Pelabuhan Merak pemerintah juga melakukan penambahan Pelabuhan Ciwandan sebagai alternatif penurunan penumpang.

Sementara, kata dia, untuk Pelabuhan Bakauheni Lampung yang menerima arus balik para pemudik dari Pulau Sumatera terdapat tambahan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya.

"Jadi, nanti untuk mengantisipasi arus balik pemudik tidak hanya Pelabuhan Merak dan Bakauheni saja yang difungsikan tetapi ada tambahan yaitu Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya,"  kata Muhadjir dalam siaran persnya, Jumat (6/5/2022).

Untuk letak Pelabuhan Ciwandan berada di sebelah barat Pelabuhan Merak, nantinya para pemudik yang turun dari pelabuhan Ciwandan akan diarahkan menuju Gerbang Tol Cilegon Timur untuk kembali ke Jakarta.

Baca Juga: H+3 Lebaran, 131.000 Penumpang Diperkirakan Tiba di Bandara Soetta

Sementara letak Pelabuhan Bandar Bakau Jaya berada tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni, nantinya para pemudik arus balik setelah keluar dari tol trans Sumatera mereka akan diarahkan menuju Jalan Raya Lintas Pantai Timur Sumatera sejauh 2 KM untuk sampai di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya.

Muhadjir juga mengimbau kepada para pemudik yang akan balik untuk secepatnya kembali ke Jakarta atau pulang setelah arus balik sehingga tidak terjadi kepadatan yang mana dapat menggangu kelancaran kegiatan pengelolaan arus balik saat ini.

"Saya mengimbau kepada mereka yang akan balik untuk secepatnya balik jangan menunggu puncaknya arus balik, karena nanti akan sangat padat sehingga menganggu kelancaran kegiatan pengelolaan arus balik ini," tutur Muhadjir.

Sementara itu, Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda Banten Kombes Budi Mulyanto mengatakan bahwa pihak kepolisian akan terus bersinergi dengan pihak pelabuhan untuk mengatur arus mobilisasi pemudik mulai dari kedatangannya di Pelabuhan Merak hingga menuju jalan tol dan jalan arteri sekitar.

"Nantinya kita akan mengatur mulai dari  kedatangan kapal yang masuk ke pelabuhan merak ini, sehingga nantinya penurunan penumpang dan kendaraan yang akan masuk ke jalan tol atau jalan arteri tidak secara bersamaan agar kepadatan dapat terurai," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X