UAS Dilarang Masuk, PAN Desak Singapura Beri Penjelasan dan Minta Maaf

- Rabu, 18 Mei 2022 | 09:38 WIB
Ustaz Abdul Somad (UAS) di ruang 1x2 meter seperti penjara di imigrasi, sebelum dideportasi dari Singapore. (Instagram/ ustadzabdulsomad_official)
Ustaz Abdul Somad (UAS) di ruang 1x2 meter seperti penjara di imigrasi, sebelum dideportasi dari Singapore. (Instagram/ ustadzabdulsomad_official)

Ketua Fraksi PAN di DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta kepada pemerintah Singapura dapat memberikan penjelasan atas tindakan pelarangan masuk terhadap Ustaz Abdul Somad (UAS).

Saleh menyampaikan kejadian ini sangat disayangkan dan akan menimbulkan rasa tidak adil di hati warga Indonesia. Sebab, selama ini, warga negara Singapura sangat bebas untuk keluar masuk Indonesia.

"UAS itu adalah tokoh yang disegani di Indonesia. Dihormati di banyak negara. Termasuk di Malaysia, Brunei, dan banyak negara lainnya," kata Saleh kepada Indozone, Rabu (19/5/2022).

Karena masalah ini sensitif, pemerintah Indonesia pun diminta untuk mempertanyakan tindakan Singapura tersebut. Kementerian Luar negeri harus proaktif untuk membela UAS, sebab sebagai warga negara, UAS harus diberi perlindungan dan dijaga kehormatannya.

"Ini bukan perkara boleh masuk atau tidak. Tetapi ini masalah keadilan dan kesetaraan. Ini masalah hubungan diplomatik negeri serumpun," tegas Saleh.

Baca Juga: Yusril Minta Pemerintah Singapura Jelaskan Pencegahan Terhadap UAS, Ini Penyebabnya

Yang paling penting, kata Saleh, jangan sampai ada kesan bahwa orang Indonesia disepelekan, dikecilkan, dan diperlakukan tidak baik. Kalau ke UAS saja bisa seperti itu, tentu ke warga negara Indonesia yang lain bisa lebih tidak adil lagi.

Selain meminta penjelasan terbuka, pemerintah Indonesia juga diminta untuk mendesak pemerintah Singapura menyampaikan permohonan maaf.

"Dengan permintaan maaf itu, ke depan tidak boleh ada lagi kasus serupa yang menimpa WNI di Singapore. Pemerintah kita harus tegas dan protektif terhadap seluruh warga negara Indonesia," tandas Saleh.

Sebelumnya diwartakan Pendakwah Ustadz Abdul Somad dikabarkan ditahan oleh imigrasi Singapura. Hal ini sebagaimana dilihat unggahan di akun instagram pribadi Ustaz Abdul Somad yakni @ustadzabdulsomad_official pada, Selasa (17/05/2022).

Dalam video itu memperlihatkan pria yang akrab disapa UAS ini berada di dalam ruangan kecil berukuran 1x2 meter. Bahkan dia bilang akan dideportasi dari Singapura.

“UAS (Ustad Abdul Somad) di ruang 1x2 meter seperti penjara di imigrasi, sebelum dideportasi dari Singapura,” kata dia sebagaimana dilihat Selasa (17/5/2022). 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X