NasDem Akan Tentukan Capres dalam Rakernas di Bulan Juni Mendatang

- Minggu, 10 April 2022 | 21:06 WIB
Partai Nasdem. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
Partai Nasdem. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

Partai NasDem bakal menggelar rapat kerja nasional khusus guna mencari calon Presiden yang akan diusung di Pilpres 2024 mendatang. Adapun rapat kerja nasional ini digelar pada pertengahan bulan Juni 2022 mendatang.

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan, dalam rapat kerja nasional tersebut Partai NasDem akan menyaring tiga calon presiden yang akan ditampilkan ke publik, kemudian nantinya masyarakat yang akan memberikan penilaian dan hanya akan satu nama yang dipilih sebagai calon presiden.

"NasDem akan menyelenggarakan rapat kerja nasional khusus pada pertengahan bulan Juni 2022, agenda utama rapat kerja nasional khusus tersebut adalah menghasilkan tiga calon presiden untuk ditampilkan pada masyarakat, untuk memberikan penilaiannya sebelum Nasdem mengambil satu calon presiden," kata Johnny di Jakarta, Minggu (10/4/2022).

Johnny menuturkan nantinya tiga calon presiden yang akan dipilih melalui mekanisme dengar pendapat pengurus wilayah NasDem dari tingkat terendah. Disitulah rapat kerja nasional menghasilkan hanya ada nama satu calon saja.

"Mulai dewan pimpinan ranting, dewan pimpinan cabang, dewan pimpinan daerah, yang akan disuarakan melalui DPW di tingkat provinsi yang akan mengambil bagian di rapat kerja nasional tersebut," beber Johnny.

Lebih jauh, Menkominfo ini berujar partainya akan memperhatikan sosok yang ramai diperbincangkan publik, lau mempunyai elektoral, dan sering muncul di lembaga survei. Misalnya dari hasil lembaga survei, muncul nama-nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil.

"Kita memperhatikan tidak saja apa yang ada di ruang publik, yang terkait proses elektoral, yang ada di ruang publik itu kan hasil dari lembaga-lembaga survei, itu pasti menjadi perhatian. Karena calon presiden yang ditampilkan harus memenuhi syarat-syarat elektoral," bebernya.

NasDem, kata dia, calon presiden yang akan dipilih NasDem harus bisa menjaga kelanjutan program pembangunan yang sudah dibangun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tetapi menurut saya itu tidak cukup, kalau dari Nasdem itu ada satu yang penting, yaitu calon presiden yang harus punya kemampuan, dia harus menjaga kontinuitas pembangunan yang saat ini sedang kita lakukan. Yang menurut NasDem pembangunan saat ini kebijakannya sudah ada di jalan yang benar, itu syaratnya," kata Johnny.

Selain itu, Johnny menuturkan dalam memilih calon presiden, partai NasDem akan menggaet para akademisi. Karena pihaknya ingin melakukan pendekatan berbasis sains untuk memilih calon presiden.

"Sehingga NasDem tentu akan melibatkan akademis dan memperhatikan pendekatan yang scientific untuk menghasilkan calon presiden yang tepat," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X