Inilah 8 Kota Paling Panas di Indonesia, Cek Kotamu

- Selasa, 16 November 2021 | 10:59 WIB
Ilustrasi panas matahari (Unsplash/Pexels)
Ilustrasi panas matahari (Unsplash/Pexels)

Indonesia saat ini seharusnya sudah mulai memasuki musim hujan. Namun, beberapa daerah di Indonesia masih tetap memiliki suhu yang jauh lebih panas daripada daerah lainnya.

Apa sajakah kota terpanas di Indonesia? Dirangkum INDOZONE dari BMKG dan sumber lainnya, inilah kota-kota dengan suhu terpanas di Indonesia.

1. Majalengka, Jabar

Salah satu kota paling panas di Indonesia adalah Majalengka yang memiliki suhu hingga 34,7 derajat celcius

2. Kupang, NTT

Tak hanya di Pulau Jawa, suhu panas juga dirasakan bagian timur Indonesia. Kupang memiliki suhu yang lebih panas dibandingkan daerah lainnya, yaitu pernah mencapai 35 derajat celcius.

3. Semarang

Kota terpanas lainnya adalah Semarang dengan suhu mencapai 35,4 derajat celcius.

4. Tiwatobi, Flores Timur

Tiwatobi dilaporkan pernah mencatatkan suhu 35,6 derajat celcius.

5. Surabaya

Surabaya menjadi salah satu kota dengan suhu terpanas di Indonesia. Meskipun memiliki banyak ruang terbuka hijau, suhu Kota Surabaya tetap berkisar antara 35,6 derajat celcius hingga 36 derajat celcius.

6. Pekanbaru, Riau

Suhu di Pekanbaru saat musim kemarau bisa mencapai 36 derajat celcius sehingga terasa "membakar" kulit.

7. Bekasi, Jabar

Tentu saja jangan lupakan Bekasi yang kerap dibully sebagai planet di luar Bumi saking panasnya. Suhu di Bekasi bisa mencapai 37 derajat Celcius karena kurangnya ruang terbuka hijau dan banyaknya "hutan beton".

8. Bima, NTB

Bima juga merupakan salah satu kota dengan paparan sinar matahari terik. Suhunya di siang hari sekitar 33 derajat celcius. Bahkan, saking panasnya, suhu di Bima pernah mencapai 39 derajat celcius. Mungkin suhu panas ini yang bikin komika Rigen marah-marah mulu, ya?

Penyebab suhu panas

Menurut BMKG, suhu panas di beberapa wilayah di Indonesia disebabkan oleh gerak semu tahunan dari matahari. Suhu cuaca panas ini bisa berulang terus pada periode yang sama setiap tahunnya saat posisi Matahari berada di atas khatulistiwa.

BMKG menegaskan informasi bahwa gelombang panas tengah melanda Indonesia adalah hoax. Indonesia terletak di ekuator yang secara sistem dinamika cuaca, tidak mungkin dilanda gelombang panas yang hanya menerpa daerah lintang menengah dan tinggi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X