CEK FAKTA: Peneliti Temukan Biksu Berumur 396 Tahun dalam Gua di Pegunungan Nepal

- Jumat, 10 Desember 2021 | 15:30 WIB
Cek fakta penemuan biksu berusia 396 tahun di Pegunungan Nepal (Instagram/@krishnamurti_bd91)
Cek fakta penemuan biksu berusia 396 tahun di Pegunungan Nepal (Instagram/@krishnamurti_bd91)

Baru-baru ini, jagat media sosial diramaikan dengan beredarnya sebuah postingan yang memperlihatkan seorang pria paruh baya mengenakan pakaian biksu berwarna kuning. 

Biksu berbadan kurus itu terlihat dibantu dua pria berbadan tegap yang berada di belakangnya dengan mengenakan kemeja warna biru dongker, masker serta sarung tangan. 

Berusia 396 tahun dan jadi manusia tertua di dunia

Pada keterangan unggahan tersebut, biksu itu ditemukan oleh para peneliti di dalam gua yang berada di kawasan pegunungan Nepal. Ia diperkirakan sudah berumur 396 tahun dan disebut sebagai manusia tertua di dunia

"Seorang biksu ditemukan oleh para peneliti di sebuah gua di Pegunungan Nepal dan diperkirakan biksu tersebut sudah berumur 396 tahun," tulis keterangan unggahan, seperti dikutip Indozone melalui akun Instagram @krishnamurti_bd91, Jumat (10/12/2021).

"Awalnya para peneliti menganggap sang biksu ini adalah mumi, namun setelah diamati dengan seksama denyut nadinya masih berdenyut, maka disimpulkan bahwasanya sang biksu ini adalah manusia tertua di dunia yg ditemukan saat ini," tulis keterangan tersebut. 

Baca juga: CEK FAKTA: Viral Pemerintah Keluarkan Uang Kertas Nominal Rp1 Juta

Ditemukan bersama logam dan keris kuno

-
Ilustrasi (Instagram/ini_antik)

Dalam keterangan itu, tertulis pula bahwa biksu tersebut pertama kali ditemukan dalam keadaan kaku karena meditasi yang sangat lama. Ia ditemukan bersamaan dengan logam kuno dan keris pusaka. 

"Di sebelah sang biksu ditemukan beberapa uang logam kuno yg tidak laku lagi dan keris pusaka serta selembar kertas yg bertulisan bahasa India kuno," tulis keterangan.

Fakta sebenarnya

Ternyata, klaim soal penemuan manusia tertua di dunia ini adalah hoaks semata. Biksu yang ditemukan peneliti di dalam gua di pegunungan Nepal itu tidaklah benar. 

Orang dalam foto yang beredar di media sosial itu adalah seorang biksu bernama Luang Phor Pian yang sudah meninggal dunia pada 16 November 2017 lalu di usia 92 tahun di Bangkok, Thailand. 

Luang Phor Pian sendiri menjadi viral karena ketika dikeluarkan dari peti mati setelah beberapa bulan dikubur, jasad biksu ini masih utuh dan tidak terdapat tanda pembusukan. 

Jadi, potret dan informasi terkait biksu yang merupakan manusia tertua di dunia tersebut tidak benar atau hanya hoaks semata. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X