Komnas Perempuan Beberkan Alasan Bripda Randy Tolak Menikahi Novia: Demi Karir

- Selasa, 7 Desember 2021 | 09:50 WIB
Kiri: Novia Widyasari. (Instagram/noviawidyasr) / Kanan: Bripda Randy. (Dok. Polda Jatim)
Kiri: Novia Widyasari. (Instagram/noviawidyasr) / Kanan: Bripda Randy. (Dok. Polda Jatim)

Kematian Novia Widyasari hingga kini masih ramai diperbincangkan. Motif Novia bunuh diri di samping makam ayahnya karena diduga terus mendapat tekanan dari kekasihnya, Bripda Randy Bagus untuk melakukan aborsi 2 kali, yakni saat usia kandungan Novia berusia hitungan minggu pada 2020 & saat usia kandungan berusia 4 bulan pada 2021. 

Kini, Bripda Randy telah ditahan di Polda Jawa Timur. Randy akan dikenakan kode etik Kepolisian pasal 7 & 11 & pasal pidana Pasal 348 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun. Namun, tak menutup kemungkinan Bripda Randy akan dijerat dengan pasal lain.

Diketahui sebelum Novia meninggal, ia sempat mengadukan nasibnya ke Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) pada Agustus lalu. Aduan dilayangkan secara daring tengah malam.

Setelahnya, Komnas Perempuan berusaha menghubungi Novia dan baru menjalin komunikasi di awal November. Di momen itu lah Novia menjelaskan semua permasalahan yang ia alami. Novia juga mengirimkan bukti kekerasan yang dialaminya selama 2 tahun menjalin hubungan dengan Randy ke Komnas Perempuan.

Lebih lanjut, Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi membeberkan alasan mengapa Randy menolak untuk menikahi korban. Korban awalnya meminta agar Randy menikahinya, namun keinginan itu ditolak pada Agustus 2021 lalu.

"Korban meminta penyelesaian, dengan meminta menikah juga meminta pelaku pada orangtua pelaku untuk menikah pada bulan Agustus 2021, itu ditolak dengan alasan masih ada kakak perempuan dan juga mempertimbangkan karir dari pelaku," ujar Siti, Senin (6/12).

Tak sampai di situ, ketika korban hamil untuk yang kedua kali, ibu korban mencoba menjalin komunikasi dengan keluarga Randy. Namun, korban malah dituduh telah menjebak Randy agar ia bisa dinikahi. Selain itu, korban juga mengatakan kalau pemaksaan aborsi turut didukung oleh keluarga Randy.

Tuduhan yang dilayangkan keluarga Randy kepada korban pun meninggalkan luka yang mendalam baginya.

"Terlebih kemudian sebelum proses pemaksaan aborsi kedua, ayah dari korban meninggal dunia," kata Siti.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X