Khawatir Ancaman Iran, UEA Borong Jet Tempur Rafale dari Prancis

- Minggu, 5 Desember 2021 | 14:43 WIB
Sebuah model pesawat Rafale ditampilkan di stand Prancis di Egypt Defense Expo (EDEX) 30 November 2021. (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)
Sebuah model pesawat Rafale ditampilkan di stand Prancis di Egypt Defense Expo (EDEX) 30 November 2021. (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

Uni Emirat Arab (UEA) menandatangani kesepakatan pembelian jet tempur Rafale dengan Prancis senilai US$19 miliar atau setara Rp275,9 triliun. UEA akan memperoleh 12 helikopter tempur dan 80 jet tempur Rafale dari nilai tersebut.

Kesepakatan tersebut menjadi ekspor Rafale terbesar sepanjang sejarah, yang disegel saat kunjungan Presiden Prancis Emmanuel Macron ke Negara Teluk tersebut. Kerja sama militer ini dilakukan di tengah keprihatinan terhadap Iran yang dilaporkan terus mengembangkan proyek pengayaaan uranium untuk membangun rudal nuklir.

"Kontrak ini memperkuat kemitraan strategis yang lebih kuat dari sebelumnya dan secara langsung berkontribusi pada stabilitas regional," kata Macron dikutip dari Aljazeera, Minggu (5/12/2021).

Pesawat Rafale yang dipesan UEA adalah model F4, generasi teranyar yang saat ini masih dikembangkan. Unit pertama pesanan akan mulai dikirimkan pada 2027 mendatang. 

Penambahan heli dan Rafale akan memperkuat kekuatan militer UEA yang saat ini berada di posisi 36 kekuatan militer dunia, di tengah konflik dengan Iran. Pengayaan uranium Iran telah menjadi ancaman, karena dalam beberapa tahun belakangan, aktivitas ini terus meningkat yang dicurigai untuk mengembangkan senjata nuklir.

UEA yang memiliki hubungan baik dengan Israel, sama-sama merasa semakin terancam dengan aktivitas militer Iran. Ini lantaran Iran menyebar proyek nuklirnya ke sejumlah wilayah dan berada di dalam tanah sehingga sulit dideteksi. 

Bulan lalu, UEA dan Israel menggelar latihan tempur besar-besaran sebagai pesan pada Iran atas kesiapan mereka menghadapi ancaman Negeri Para Mullah. 

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X