Peristiwa 15 Juni: Berdirinya UEFA hingga Kelahiran Mohamed Salah

- Selasa, 15 Juni 2021 | 11:48 WIB
Mohamed Salah. (Instagram/mosalah)
Mohamed Salah. (Instagram/mosalah)

Sejumlah peristiwa menarik dan unik terjadi pada tanggal 15 Juni. Mulai dari penemuan tambang minyak bumi pertama di Indonesia yang saat itu masih dijajah Belanda, hingga uji coba perdana Airbus A350.

Selain itu, masih ada beberapa peristiwa yang menarik untuk disimak. Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, ini dia peristiwa menarik di tanggal 15 Juni.

1. Penemuan Tambang Minyak Bumi Pertama di Indonesia (1885)

Sejarah dalam dunia tambang minyak bumi di Indonesia tercipta. Pada tahun 1885, untuk pertama kalinya ditemukan tambang minyak bumi di Telaga Said, Sumatera Utara pada masa penjajahan Belanda. Sampai tahun 1911, satu-satunya perusahaan minyak yang beroperasi hanyalah BPM (Bataafsche Petroleum Maatschappij) milik Belanda.

2. UEFA Didirikan di Swiss (1954)

Union of European Football Associations (UEFA) atau Asosiasi Sepakbola Eropa didirikan di Basel, Swiss pada 15 Juni 1954. UEFA merupakan salah satu asosiasi sepak bola nasional Eropa, menjalankan kompetisi klub dan negara termasuk Kejuaraan Eropa UEFA, Liga Negara UEFA, Liga Champions UEFA, Liga Eropa UEFA, dan Piala Super UEFA, mengatur semua peraturan, hak siar media, serta hadiah disaat adanya kompetisi. Kantor UEFA berlokasi di Nyon, Swiss dengan jumlah anggota 54 asosiasi nasional.

3. Hari Kelahiran Mohamed Salah (1992)

Hari ini menjadi hari yang spesial untuk pesepakbola asal Mesir, Mohamed Salah. Hari ini ia merayakan ulang tahunnya yang ke 29. Salah lahir di Nagrig, Mesir dan mulai menjalani karir sepakbolanya pada 2010. Selamat ulang tahun, Salah!

4. Uji Coba Perdana Airbus A350 (2013)

Pesawat pabrikan Eropa, Airbus A350 melakukan penerbangan uji coba perdana dari kota Toulouse ke Paris, Prancis. Pengguna utama pesawat ini adalah Qatar Airways dan Singapore Airlines.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X