Risma Dikecam karena Ancam Pindahkan ASN yang Tak Becus ke Papua

- Rabu, 14 Juli 2021 | 11:15 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendapatkan kecaman dari banyak pihak setelah mengancam bakal memindahkan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Papua.

Ancaman Risma memindahkan bawahannya ke Papua berawal saat ia mendapati banyaknya kekurangan peralatan dapur umum hingga pasokan telur saat meninjau dapur umum PPKM darurat di Balai Wyata Guna, Kota Bandung, Jawa Barat.

"Saya tidak mau lihat seperti ini lagi. Kalau seperti ini lagi, saya pindahkan semua ke Papua. Saya enggak bisa pecat orang kalau enggak ada salah, tapi saya bisa pindahkan ke Papua. Jadi tolong yang peka," ujar Risma dengan nada tinggi, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Mensos Risma Ngamuk saat Tinjau Dapur Umum di Bandung: Masak Telur Aja Gitu Modelnya!

Dalam video yang beredar terlihat pula Risma marah karena mendapati sejumlah pegawai di Balai Wyata Guna yang berada dalam kantor tidak ikut membantu operasional di dapur umum. Ia juga mengumpulan sejumlah pegawai di lapangan.

"Tolong ya teman-teman, saat ini kondisinya dan situasinya kritis. Ini Kementerian Sosial jangan memisah-misahkan diri. Ini malah tidak ada yang nongol. Rakyat lagi susah sekarang, tenaga-tenaga kesehatan semua susah," tegas Risma.

"Tapi semua teman-teman kayak priyayi semua maunya duduk tempat dingin enggak mau susah-susah," tambahnya.

Video ancaman Risma memindahkan ASN yang dianggap tidak becus bekerja itu mendapatkan kritikan di media sosial Twitter. Banyak dari netizen yang menilai ancaman Risma memindahkan ASN yang tidak bisa bekerja ke Papua merupakan diskriminasi.

"Ibu Pikir disini Tempat Sampah kah... ???  Bentuk diskriminasi terstruktur..  yg muncul melalui ucapan spontan yg sebenarnya sudah ada di dalam alam bawah sadar pejabat2 negara.. dalam melihat papua !!!" tulis netizen.

Anggota DPR RI dari Partai Gerinda, Fadli Zon, yang kerap kali bercuit di Twitter juga ikut berkomentar.

"Kalau marah-marah itu menyelesaikan masalah, kenapa kita semua nggak marah-marah?" sindir Fadli.

Nama Bu Risma pun masuk dalam trending topic di Twitter dengan lebih dari 9 ribu cuitan.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X