BMKG Deteksi 11 Titik Panas di NTT, Ini Rinciannya!

- Senin, 19 Juli 2021 | 11:08 WIB
 Gambar sebaran titik panas di wilayah NTT. (ANTARA/HO-Tangkapan layar gambar sebaran titik panas di NTT yang dipublikasin Stasiun Meteorologi El Tari Kupang.)
Gambar sebaran titik panas di wilayah NTT. (ANTARA/HO-Tangkapan layar gambar sebaran titik panas di NTT yang dipublikasin Stasiun Meteorologi El Tari Kupang.)

Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG) mendeteksi ada sebanyak 11 titik panas (hotspot) yang muncul di sejumlah wilayah Nusa Tenggara Timur.

"Sebelas titik panas ini terdeteksi pada 18-19 Juli dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi di Kupang, Senin (19/07), seperti dilansir Antara.

Sebaran titik panas terbanyak muncul di Kabupaten Nagekeo, Pulau Flores, 4 diantaranya ada di Kecamatan Aesesa dan di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 4 titik panas, yakni 2 titik di Kecamatan Pandawai serta 2 di Kecamatan Haharu, lalu di Kecamatan Tabundung 1 titik.

Selain itu 1 titik panas terdeteksi di Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, 1 titik di Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, dan 1 titik di Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Ia menjelaskan bahwa sebaran titik panas terdetekesi berdasarkan pantauan Satelit Terra, Aqua, Suomi NPP, dan NOAA20 oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Satelit akan mendeteksi anomali suhu panas dalam jangkauan 1 kilo meter persegi fan diobservasi 2-4 kali per hari.

Namun demikian, pada wilayah yang tertutup awan, maka titik panas tidak dapat terdeteksi.

Ia mengatakan bahwa citra satelit tersebut, hanya menilai anomali reflektivitas dan suhu sekitar yang diimplementasikan sebagai titik panas.

"Penyebab adanya anomali tersebut tidak dapat kami pastikan," katanya.

Agung menambahkan kondisi kekeringan dan hembusan angin kencang juga menjadi penyebab tidak langsung dalam sebaran suatu titik panas.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X