Ilmuwan Temukan Fosil Paus Berkaki Empat di Mesir

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 11:57 WIB
Ilustrasi paus berkaki 4. (Reuters/HO)
Ilustrasi paus berkaki 4. (Reuters/HO)

Baru-baru ini, ilmuwan baru saja menemukan fosil di Mesir berusia 43 juta tahun dari spesies paus amfibi berkaki empat yang sebelumnya tidak diketahui. Penemuan itu membantu para ilmuwan melacak transisi paus dari darat ke laut.

Tim peneliti menyebut, jenis paus yang baru ditemukan itu termasuk dalam kelompok Protocetidae, yakni sekelompok paus yang punah karena gagal bertahan di masa transisi dari darat ke laut.

Fosil paus berkaki empat itu digali dari bebatuan Eosen tengah di Oasis Faiyum di Gurun Barat Mesir, daerah yang dulunya tertutup oleh laut dan telah memberikan banyak penemuan yang menunjukkan evolusi paus. Kemudian, fosil paus tersebut dipelajari di Pusat Paleontologi Vertebrata Universitas Mansoura (MUVP).

Paus jenis baru yang ditemukan itu diberi nama Phiomicetus anubis dan diperkirakan memiliki panjang tubuh sekitar tiga meter dan massa tubuh sekitar 600 kilogram sehingga paus itu kemungkinan merupakan predator paling atas. Kerangka sebagian dari paus itu mengungkapkan bahwa paus berkaki empat tersebut adalah paus protocetid paling primitif yang diketahui dari Afrika.

"Phiomicetus anubis adalah spesies paus baru yang penting, dan penemuan penting untuk paleontologi Mesir dan Afrika," kata Abdullah Gohar dari MUVP, dikutip dari Reuters, Jumat (27/8).

Nama genus paus, Phiomicetus, diberikan untuk menghormati tempat paus itu ditemukan, yakni Oasis Fayum. Sementara nama spesiesnya, anubis, mengacu pada Dewa Anubis, yaitu dewa Mesir kuno berkepala anjing yang terkait dengan kegiatan mumifikasi dan kehidupan setelah kematian. 

Terlepas dari penemuan fosil baru-baru ini, gambaran besar evolusi paus awal di Afrika sebagian besar tetap menjadi misteri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X