Terima Penghargaan, Megawati Buka Peluang Kerja Sama Riset Luar Angkasa dengan Rusia

- Rabu, 2 Juni 2021 | 20:01 WIB
Kiri: Megawati Soekarnoputri (Antara) / Kanan: Ilustrasi astronot (Unsplash)
Kiri: Megawati Soekarnoputri (Antara) / Kanan: Ilustrasi astronot (Unsplash)

Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ex officio, membuka peluang kerja sama antara Rusia dengan Indonesia di bidang luar angkasa.

Hal itu disampaikan Megawati saat menerima penghargaan Bintang Jasa Negara Persahabatan (State Order of Friendship) dari pemerintah Rusia.

Penghargaan tersebut berasal dari Presiden Vladimir Putin yang diserahkan melalui Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva.

Megawati mengklaim sudah berbicara dengan Jokowi mengenai kerja sama dengan Rusia di bidang teknologi dan luar angkasa.

"Hal yang berhubungan dengan ruang angkasa seharusnya terus kita proses antara Rusia dengan Indonesia," kata Megawati, Rabu (2/6/2021).

Megawati bercerita bahwa dulu berkat hubungan baik antara Presiden Soekarno dengan Presiden Uni Soviet waktu itu, Kliment Voroshilov, beberapa kosmonot Uni Soviet pernah datang ke Indonesia, seperti Yuri Gagarin, yang berhasil membuat anak muda Indonesia banyak bermimpi menjadi kosmonot.

"Mungkin suatu saat, setelah pandemi ini selesai, saya akan berkunjung ke Rusia, mengucapkan sendiri secara pribadi atas kehormatan ini kepada Presiden Putin. Dan tentunya Insya Allah dengan kunjungan itu banyak hal yang bisa kita bicarakan kembali," kata dia.

Vorodieva merespons bahwa dia akan menyampaikan hal tersebut kepada Putin. Dia menambahkan bahwa Putin sedang menunggu waktu yang tepat untuk datang ke Indonesia.

"Yang mulia telah menyentuh soal yang penting dalam hubungan bilateral kita. Termasuk pembangunan hubungan bidang angkasa, riset, teknologi, dan teknologi tinggi," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X